Home » Ekonomi & Bisnis » Anggota APEC Diminta Untuk Mewujudkan Perdagangan Bebas di Kawasan Asia Pasifik

Anggota APEC Diminta Untuk Mewujudkan Perdagangan Bebas di Kawasan Asia Pasifik



Kuala Lumpur- Negara-negara anggota Asia Pacific Ekonomic Coorporation (APEC) harus mulai merealisasikan rencana strategis serta bekerja keras untuk mewujudkan perdagangan bebas dikawasan Asia Pasifik (FTAAP).

Anggota Dari APEC Diminta Untuk Mewujudkan Perdagangan Bebas di Kawasan Asia Pasifik

Meski mempunyai segudang tantangan dan rumit atas rencana ambisius yang ada, namun tidak menutup kemungkinan untuk merealisasikan perdagangan bebas yang ada di wilayah Asia Pasifik.

Dikutip SisiDunia.com dari laman Burnama, Tan Sri Azman Bankir dari Malaysia menjelaskan, sangat penting untuk merancang dan mengadopsi rencana strategis untuk membangun kebebasan investasi dan perdaganga. Pada tahapnya, adanya pasar bebas ini mampu memperdalam hubungan ekonomi dikawasan.

Hal senada juga disampaikan oleh Azman selaku Co-chair of the Finance and Economic Working, FTAAP merupakan sesuatu yang sangat penting bagi APEC, ini merupakan untuk memfungsikan peran yang sudah disepakati pada pernyataan Bogor Goals.

Bogor Goals telah disetujui oleh para pimpinan APEC di tahun 1994 untuk mencapai investadi liberal dan perdagangan bebas pada 2010 bagi negara berkembang dan 2020 untuk negara berkembang APEC.

Ia juga menjelaskan, setiap negara harus mempunyai upaya yang keras untuk segera merealisasikan perdagangan bebas dikawasan regional Asia Pasifik.(Arkha Satya – sisidunia.com)