Home » Ekonomi & Bisnis » Waduk Menjadi Andalan Jokowi Untuk Swasembada Bagi RI

Waduk Menjadi Andalan Jokowi Untuk Swasembada Bagi RI



Jakarta – Pemerintah yang baru dibawah pimpinan Jokowi (Joko Widodo) terus melakukan dorongan pembangunan waduk baru. Langkah ini merupakan salah satu upaya untuk mencapai target Indonesia sebagai negara swasembada beras.

Waduk Menjadi Andalam Jokowi Untuk Swasembada Bagi RI

Basuki Hadimuljono yang menjabat sebagai Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menjelaskan, Indonesia saat ini hanya memiliki 213 waduk. Jumlah tersebut tertinggal jauh jika dibandingkan dengan Korea Selatan yang telah mempunyai ribuan waduk.

Lebih lanjut ia memaparkan, ada rencana pemerintah untuk mengadakan waduk pada 30 titik pada 5 tahun pemerintahan ini. Oleh karena itu, pasokan air untuk irigasi juga dapat ditambah.

Karena, dari 7,3 juta hektar lahan pertanian. Hanya 19 ribu pertanian yang airnya dialiri dari waduk. Sedangkan untuk sisanya hanya mengandalkan dari pasokan air lain atau air hujan.

Pada sisa dua bulan di tahun 2014 ini, kementrian PU telah mencangkan lima waduk di beberapa wilayah yakni Nusa Tenggara Timur, Jawa Tengah, Sulawesi Utara, Banten, dan Aceh.

Untuk tahun 2015 direncanakan akan ada 6 proyek waduk yang akan direalisasikan, hal ini akan menjadi program prioritas pemerintaha saat ini.(Arkha Satya -sisidunia.com)