Home » News » Kenaikan Harga BBM: BI Pastikan Inflasi Masih Terkendali

Kenaikan Harga BBM: BI Pastikan Inflasi Masih Terkendali



Jakarta โ€“ Bank Indonesia (BI) meyakinkan bahwa tingkat harga barang dan jasa di masyarakat akan tetap terkendali bila pemerintah menaikkan harga BBM untuk mengurangi jumlah subsidi. BI juga akan tetap menjalin hubungan intens dengan tim pengendali inflasi daerah (TPID) dalam rangka mencegah terjadinya second round effect kenaikan harga BBM.

Kenaikan Harga BBM: BI Pastikan Inflasi Masih Terkendali

Perry Warjiyo selaku Deputi Gubernur BI mengungkapkan bahwa tiap kenaikan harga BBM sejumlah Rp. 1.000 per liter, maka bakal menyumbang inflasi sekitar 1,1 hingga 1,5 persen. Karenanya, menurut Perry, pihaknya bakal terus berkoordinasi dengan pihak pemerintah dengan memberi angka-angka pertimbangan inflasi, efek terhadap defisit transaksi dan pertumbuhan ekonomi. Apabila koordinasi tersebut dapat berjalan dengan baik, dapat dipastikan bahwa dampak kenaikan BBM terhadap inflasi akan tetap terkendali atau hanya terjadi temporer.

Baca Juga
AS Tambah 1.500 Pasukan untuk Latih Militer Irak
Kisruh DPR Akan Segera Usai Mulai Pekan Depan

Namun Perry belum terburu-buru untuk menyebutkan respon yang akan dilakukan BI terhadap kenaikan BBM, seperti apa nantinya meningkatkan suku bunga acuan untuk mengendalikan inflasi yang kemungkinan terjadi. Karena masih tergantung dengan kenaikan harga dan dampaknya terhadpa inflasi nanti, karena kebijakan moneter sendiri diarahkan untuk menuju stabilitas agar berapapun jumlah kenaikan BBM dampak akan tetap terkendali.

Sebelumnya menurut catatan BI, keyakinan konsumen terhadap perekonomian di Indonesia masih tetap optimis walaupun BBM akan segera naik. Hal tersebut dapat dilihat dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) per Oktober 2014 yang menunjukkan angka 120,6 atau lebih tinggi dari bulang sebelumnya sebesar 119,8. ( Rindi Ayunda – sisidunia.com)