Home » Ekonomi & Bisnis » Indonesia Digeser Filipina Sebagai Pemasok Terbesar Bijih Besi ke China

Indonesia Digeser Filipina Sebagai Pemasok Terbesar Bijih Besi ke China



Jakarta – Kebijakan larangan ekspor mineral mentah yang dilakukan Indonesia pada awal tahun ternyata masih menyisakan efek yang begitu panjang. Karena adanya larangan tersebut, Filipina kini telah berhasil menggeser Indonesia sebagai negara pemasok bijih besi terbesar ke negeri panda tersebut (China).3

Indonesia Digeser Filipina Sebagai Pemasok Terbesar Bijih Besi ke China

Dilansir SisiDunia.com dari laman Blomberg (5/11/2014), bahwasanya diketahui saat ini China adalah negara pengguna nikel terbesar di dunia. Namun dengan adanya regulasi baru terkait larangan ekspor dari Indonesia, mengakibatkan pasokan nikel tersebut sedikit terganggu.

Akan tetapi dua bulan terakhir ini harga nikel terus mengalami sebuah penurunan. Hal tersebut karena peningkatan pasokan bijih besi dari Negara Filipina. Meskipun harga terus merosot, Filipina turut membantu kelangkaan nikel yang sempat terjadi akibat efek dari peraturan larangan ekspor dari Indonesia.

Akibat dari pasokan bijih besi dari Negara Filipina membuat harga dari alumunium dan zinc menjadi logam yang memiliki peningkatan harga terbaik jika dibandingkan dengan nikel.

Tercatat harga alumunium miningkat 13 persen pada tahun ini, sedangkan nikel yang haganya sempat menembus batas level fantastis saat ini hanya mengalami sebuah kenaikan 8,5 persen saja.

Dan untuk alumunium kelihatannya kini tengah menunjukan peningkatan harga yang begitu signifikan disertai dengan permintaan yang terus meningkat di berbagai pasaran.(Arkha Satya -sisidunia.com)