Home » News » Berita Presiden Indonesia: Jokowi Bertolak ke Beijing Untuk Hadiri KTT APEC

Berita Presiden Indonesia: Jokowi Bertolak ke Beijing Untuk Hadiri KTT APEC



Jakarta โ€“ Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) telah berangkat ke Beijing, Tiongkok, pada Sabtu pagi tadi dan dijadwalkan mendarat di Beijing sekitar pukul 16.55 waktu setempat. Tujuan perjalan Jokowi ke Beijing ialah untuk menghadiri pertemuan puncak forum APEC, sekaligus menjadi kunjungan kerja pertama Presiden Jokowi ke luar negeri sejak dilantik pada 20 Oktober 2014 lalu.

Berita Presiden Indonesia: Jokowi Bertolak ke Beijing Untuk Hadiri KTT APEC

Berdasarkan pengamatan SisiDunia (Sabtu, 8/11/2014), sebelumnya Sekretaris Kabinet Andi Widjojanto telah menjelaskan pada wartawan di Komplek Istana Negara bahwa Presiden Jokowi akan berupaya untuk mengajak forum APEC untuk memadukan konsep poros maritime dunia, dengan konsepsi China sangat berkaitan dengan Jalur Sutera Baru di abad 21.

Baca Juga
Kenaikan Harga BBM: BI Pastikan Inflasi Masih Terkendali
AS Tambah 1.500 Pasukan untuk Latih Militer Irak

Selain menyampaikan pandangan terhadap hal tersebut, Andi juga mengungkap bahwa selama menghandiri KTT APEC Jokowi akan bertemu dengan sejumlah kepala Negara dan kepala pemerintahan lainnya, seperti Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Amerika Serikat Barack Obama.

Seusai manjalani kunjungan di KTT APEC, Presiden Jokowi juga akan mengikuti KTT ASEAN di Myanmar, dengan rangkaian berupa pertemuan ASEAN dengan mitra ASEAN serta menghadiri KTT Asia Timur, Dalam KTT Asia Timur, Presiden Jokowi akan menjelaskan secara lebih komprehensif terkait politik luar negeri Indonesia yang baru.

Jadwal selanjutnya Presiden Jokowi akan hadir dalam KTT G20 di Brisbane, Australia. ( Rindi Ayunda – sisidunia.com)