Home » Ekonomi & Bisnis » Gaji Pilot Lokal Jauh Lebih Rendah Daripada Pilot Asing

Gaji Pilot Lokal Jauh Lebih Rendah Daripada Pilot Asing



Jakarta, Jumat (7/11/2014) – Ignasius Jonan selaku Menteri Perhubungan Republik Indonesia terkejut mengetahui gaji pilot anak bangsa jauh lebih murah daripada gaji pilot asing. Meskipun kedua pilot tersebut bekerja dalam satu maskapai yang sama.

Gaji Pilot Lokal Jauh Lebih Rendah Daripada Pilot Asing

Ketika melakukan tinjauan di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Jonan sempat bertanya kepada Trisunoko yang menjabat sebagai Direktur Utama PT Angkasa Pura II, berapa kisaran gaji dari para pilot maskapai PT Garuda Indinesia yang berplat merah tersebut.

Trisuno pun mengungkapkan bahwa gaji pilot beserta dengan segala macam tunjanganya berkisar Rp 40 juta perbulan. Jumlah tersebut merupakan gaji yang diterima oleh pilot  dalam negeri. Sementara itu, untuk pilot asing asal luar negeri gaji yang diperoleh dapat dua kali lipat lebih tinggi dari pilot lokal.

Selain menayakan gaji para pilot di maskapai tersebut. Menteri Perhubungan Republik Indonesia yang baru dilantik tersebut juga menanyakan gaji untuk para kru maskapai.

Trisumo membeberkan bahwa gaji dari para kru Rp 12 juta. Mendengar hal tersebut  Jonan memberikan komentar seharusnya para kru bisa mendapatkan gaji lebih dari itu atau paling tidak Rp 20 juta. (Arkha Satya -sisidunia.com)