Home » Ekonomi & Bisnis » Wall Street Menguat Karena Dua Sentimen ini

Wall Street Menguat Karena Dua Sentimen ini



Jakarta – Karena dua sentimen, Wall Street mengalami penguatan. Sentimen yang pertama dari perpolitikan dimana Partai Republik yang memenagkan kendali atas senat. Yang kedua adalah sentimen ekonomi yang terjadi karena perusahaan di sektor energi menunjukan sisi positif setelah naiknya harga minyak dunia.

Wall Street Menguat Karena Dua Sentimen ini

Pada perdagangan saham Kamis (6/11/2014), indeks saham S & P 500 naik sebesar 0,4 persen. Sedangkan untuk indeks Dow Jones juga mengalami penguatan 0,5 persen mendekati rekor baru.

Partai Republik kini tengah kembali memenangkan kontrol atas senat Amerika dalam pemilu sela yang dilakukan akhir-akhir ini. Kondisi tersebut memberikan partai hegemoni mayoritas terhadap kedua majelis yang ada di kongkres dalam dua tahun terakhir ini.

Selama ini partai Demokrat telah menguasai 55 dari 100 kursi yang ada di senat. Akan tetapi dengan adanya pemilihan sela ini, menjadikan partai Republik menambah dua kursi di Senat.

Selain sentimen dari ranah politik tersebut, penguatan Wall Street juga diakibatkan karena adanya dorongan dari saham-saham di sektor energi. Sempat beberapa hari mengalami tekanan, akhirnya sektor tersebut berhasi untuk bangkit dengan kenaikan sekitar 1,7 persen.

Tekanan yang dialami saham-saham energi tersebut diakibatkan karena turunya harga minyak mentah. Terlalu banyak pasokan minyak yang ada di pasaran serta turunya permintaan karena lemahnya perekonomian dunia membuat harga minyak dunia tidak setabil.(Arkha Satya -sisidunia.com)