Home » News » Menteri Susi Pudjiastuti Ancam Akan Tenggelamkan Kapal Yang Melanggar

Menteri Susi Pudjiastuti Ancam Akan Tenggelamkan Kapal Yang Melanggar



Jakarta – Setelah bertemu dengan Presiden Jokowi, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengaku percaya diri dengan kebijakannya untuk melakukan moratorium atau penghentian sementara izin operasi kapal ikan yang memiliki berat diatas 30 groos ton (GT).

Menteri Susi Pudjiastuti Ancam Akan Tenggelamkan Kapal Yang Melanggar

Walaupun sempat dikabarkan akan mendapat tekanan dari asing terkait kebijakan yang akan dijalankannya, Susi mengatakan, sudah menjelaskan pada sejumlah duta besar negara sahabat. Dan dari pertemuan tersebut, dirinya yakin pimpinan negara lain paham soal kebijakan ini.

Bahkan, wanita berusia 49 tahun tersebut mengancam akan menenggelamkan kapal yang melanggar. Selain itu para pelanggar juga diancam sanksi kapalnya akan dilelang atau disuruh pulang.

Untuk keputusannya tersebut, Susi tidak akan takut lantaran sudah mendapat ijin dan dukungan dari Presiden Jokowi. “Kan saya didukung Pak Presiden (Jokowi). Siapa lebih tinggi dari Presiden,” kata Susi usai mengikuti rapat kerja dengan anggota Komite II Dewan Perwakilan Daerah (DPD), di Gedung DPD-RI, Senayan, Rabu (05/11/2014).

Menurut Menteri yang juga pengusaha tersebut, moratorium itu perlu dilakukan untuk kapal di atas 30 GT itu, hasil dari kapal itu pun tidak masuk ke dalam kas negara. (Dwi Kristyowati – sisidunia.com)