Home » Ekonomi & Bisnis » Kabar Pasar: Saham Wall Street Menguat Imbas Dua Sentimen Dalam Negeri

Kabar Pasar: Saham Wall Street Menguat Imbas Dua Sentimen Dalam Negeri



New York – Pasar saham Wall Street menguat imbas dua sentimen dalam negeri. Pertama sentimen politik dimana partai Republik memenangkan kendali di Senat AS. Kedua sentimen ekonomi dimana perusahaan-perusahaan energi mengalami kenaikan pamor karena kenaikan harga minyak mentah dunia. Partai Republik kembali merebut kontrol di Senat Amerika Serikat dalam pemilu sela sehingga memberi partai itu mayoritas di kedua majelis Kongres dalam dua tahun terakhir masa jabatan Presiden Obama. Partai Demokrat selama ini mengusai 55 dari 100 kursi senat, tetapi partai Republik telah menambah tujuh kursinya sebagai hasil kemenangan di Arkansas, Colorado, Iowa, Montana, North Carolina, South Dakota, dan West Virginia.

Kabar Pasar: Saham Wall Street Menguat Imbas Dua Sentimen Dalam Negeri

Selain sentimen politik tersebut, kenaikan saham-saham wall street terjadi juga karena dorongan dari saham-saham energi. Saham sektor ini mengalami pemulihan dengan naik sekitar 1,7 persen setelah beberapa hari sebelumnya sempat terus tertekan. Dikutip dari laman Bloomberg, Kamis (6/11/2014), Indeks Standard & Poor 500 menguat 0,4 persen, sementara indeks Dow Jones Industrial Avarange juga menguat 0,5 persen menuju rekor baru.

Tekanan yang terjadi pada saham energi tersebut lebih disebabkan penurunan harga minyak mentah akibat besarnya pasokan yang ada dan juga kekhawatiran akan turunnya permintaan akibat pelemahan ekonomi dunia. Sementara itu Analis Ashburton LTD, Veronika Pechlaner mengungkapkan kemenangan partai Republik memberikan respon positif karena partai ini dipandang sebagai partai yang lebih ramah terhadap pebisnis, oleh karena itu pelaku pasar memberikan positif. (fauji nur – sisidunia.com)