Home » News » Kabar Haji 2014: Sebanyak 296 Jemaah Wafat Dan Satu Orang Dipastikan Hilang

Kabar Haji 2014: Sebanyak 296 Jemaah Wafat Dan Satu Orang Dipastikan Hilang



Jeddah – Operasi haji Indonesia di Arab Saudi resmi berakhir pada Rabu 5 November 2014 seiring dengan kepulangan kloter gabungan Aceh, Ujung Pandang, dan Lombok. Berdasarkan laporan data yang dihimpun dari berbagai sumber Kamis (6/11/2014) Sebanyak 296 jemaah wafat dan satu orang dipastikan hilang tak diketahui keberadaanya. Jemaah kelompok Embarkasi Banjarmasin Husaini bin Aban telah dilakukan petugas pengamanan dan perlindungan jemaahm namun sampai hari terakhir pelaksanaan haji, Husaini belum juga ditemukan.

Kabar Haji 2014: Sebanyak 296 Jemaah Wafat Dan Satu Orang Dipastikan Hilang

Wakil Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Indonesia di Arab Saudi Arsyad Hidayat dan tim perlindungan jemaah PPIH telah menemui istri Husaini di Hotel Sultan Palace, Jeddah. Ketua Bidang Perlindungan Jemaah PPIH Arab Saudi, Ahmad Riad S telah meminta keikhlasan sang istri dan menyerahkan pencarian suaminya kepada petugas di Kantor Teknis Urusan haji. Husaini sebelumnya sempat hilang beberapa kali, namun berhasil ditemukan baik oleh teman satu kloternya atau petugas tanah suci. Husaini terakhir hilang saat proses rangkaian puncak haji, yakni mabit di Mina untuk melempar jumrah. Ia terakhir kali terlihat pada 11 Oktober, namun sorenya kembali menghilang.

Jemaah dianggap gaib jika selama 2×24 jam tidak ditemukan atau dilaporkan hilang. Sejak dinyatakan hilang, petugas di Mekkah tidak hentinya mencari Husaini. Salah satunya dengan menyisiri rumah sakit Arab Saudi di Mekkah dan Jeddah. Selain Husaini, sebelumnya petugas juga mengumumkan gaibnya jemaah asal kelompok terbang 13 Solo, Wawan Chandra Suharna. Namun pada 17 Oktober 2014, petugas berhasil menemukan Wawan di Rumah Sakit King Faisal, Shisya, Mekkah dalam kondisi meniggal dunia. (fauji nur – sisidunia.com)