Home » Gaya Hidup » Kabinet Kerja: Menteri Pariwisata Berencana Bebaskan Visa Untuk Lima Negara

Kabinet Kerja: Menteri Pariwisata Berencana Bebaskan Visa Untuk Lima Negara



Jakarta – Rencana pemerintah untuk membebaskan visa untuk lima negara ditanggapi positif oleh pengusaha yang bergerak di bidang pariwisata. Kelima negara yang rencananya akan bebas visa diantaranya China, Jepang, Korea Selatan, Rusia, dan Australia. Rencana bebas visa ini diharapkan mampu menambah jumlah wisatawan asing sebanyak 500.000 orang. Direktur Eksekutif Perhimpunan Hotel Dan Restoran Indonesia (PHRI) Cyprianus Aoer menilai rencana kebijakan ini bisa meningkatkan potensi bisnis pariwisata di Indonesia. Menurutnya sesuai hitungan menteri tambahan wisman tersebut menambah potensi pendapatan negara sebesar US$11,3 juta.

Kabinet Kerja: Menteri Pariwisata Berencana Bebaskan Visa Untuk Lima Negara

Dikutip dari berbagai sumber Rabu (5/11/2014) Cyprianus Aoer mengatakan “Lima negara yang diusulkan untuk bebas visa memang sangat potensial, karena setiap tahunnya pengunjung dari negara-negara ini tumbuh signifikan,” ungkapnya. Ia pun berharap jumlah perjalanan wisman bisa mencapai 200.000 perjalanan setiap tahunnya. Jumlah ini sama dengan jumlah perjalanan wisatawan domestik. Sementara itu kualitas pelayanan hotel juga diperlukan untuk mengatisipasi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Makanya PHRI telah mengadakan sertifikasi sejak 2008 kepada 40.000 hotel dengan targetnya tahun depan bisa menjaring 50.000 pekerja hotel tersertifikasi.

Menurut Vice President Brand and Comunication Grop Panorama AB Sadewo kehadiran pemerintah harus membantu membuka konektivitas lewat jalur udara dan jalur laut. Pembukaan rute langsung ke destinasi tanpa harus transit pun dibutuhkan demi langkah efisiensi. Pemerintah juga perlu memperhatikan kepadatan trafik udara dan maskapai low cost. Dengan begitu, wisman semakin memiliki pilihan cara berwisata ke Indonesia. (fauji nur – sisidunia.com)