Home » Sport » Jelang MotoGP Valencia: Pabrikan Suzuki Bakal Turun Lintasan Dengan System Wild Card

Jelang MotoGP Valencia: Pabrikan Suzuki Bakal Turun Lintasan Dengan System Wild Card



Valencia – Balapan MotoGP musim depan akan diramaikan kembali oleh pabrikan Suzuki dengan berpartisipasi secara penuh di gelaran MotoGP. Sebelumnya pabriakn asal Jepang tersebut tidak mengikuti kompetisi di MOtoGP sejak akhir musim 2011 lalu. Tetapi pada juni 2013 kemarin salah satu pabrikan otomotif ternama itu menyatakan bakal kembali beraksi pada musim balapan 2015.

Jelang MotoGP Valencia: Pabrikan Suzuki Bakal Turun Lintasan Dengan System Wild Card

Dalam persiapan menjelang comebacknya Suzuki terus menggeber pengembangan motor GSX-RR. Rider kawakan Randy de Puniet yang absen pada MotoGP musim ini, ditunjuk sebagai raider penguji. Pada akhir pekan ini, MotoGP Valencia, de Puniet akan tampil menunggangi GSX-RR di atas lintasan. Bermodal tiket wild card, ia akan menguji sejauh mana kesiapan Suzuki menuju musim depan.

Dilansir dari laman Crash, Rabu (5/11/2014) Manajer Tim Davide Brivio mengatakan “Itu merupakan sebuah momen besar buat kami karena tim sudah melakukan pengujian sekian lama. Kami sudah menantikan hal ini. Memang cuma penampilan wild card dan ini seri terakhir musim ini, tapi saya antusias datang ke Valencia dan saya pikir ini merupakan penghargaan buat Randy atas pekerjaan besar yang ia lakukan di proyek ini,” ungkapnya.

Dalam keikutsertaanya di gelaran kejuaraan dunia balap grand prix, Suzuki pernah enam kali mengantar pembalapnya meraih gelar juara pada periode 1976-2000. Di era two stroke tersebut Suzuki diperkuat nama-nama seperti Barry Shenee, Marco Lucchinelli, Franco Uncini, Kevin Schwantz dan Kenny Roberts Jnr. Suzuki mulai menurun dan hanya berhasil meraih satu kemenangan setelah era four stroke MotoGP dimulai pada tahun 2002. Setelah dibelit krisis keuangan, Suzuki akhirnya memutuskan untuk berhenti di lintasan MotoGP pada akhir 2011. (fauji nur – sisidunia.com)