Home » News » DPD Dukung Pemerintah Untuk Evaluasi Penggunaan Dana Otsus Papua

DPD Dukung Pemerintah Untuk Evaluasi Penggunaan Dana Otsus Papua



Jakarta – Dewan Perwakilan Daerah mendukung adanya evaluasi terhadap penggunaan dana otonomi khusus untuk papua. ketua Panitia Perancang Undang-undang DPD, Gede Pasek Suardika menyambut positif upaya pemerintah pusat mengevaluasi penggunaan dana otonomi khusus (otsus) bagi Papua. Hal ini agar pemanfaatan dana otonomi khusus bisa lebih optimal untuk kesejahteraan rakyat Papua.

DPD Dukung Pemerintah Untuk Evaluasi Penggunaan Dana Otsus Papua

Dikutip dari berbagai sumber Rabu (5/11/2014) Gede Pasek mengatakan “Evaluasi penggunaan anggaran otsus tidak melulu mesti diartikan pengurangan. Besar kecilnya anggaran tidak berkorelasi terhadap pemanfaatan,” unkapnya di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta. Evaluasi terhadap dana otonomi khusus harus didukung sebagai tindak lanjut pembenahan, penguatan untuk mengurangi kelemahan. Anggaran besar apabila dirasa tidak efektif bisa mubazir.

Pemerintah pusat juga harus menspesifikasikan penggunaan dana otsus. Dengan mengkaji apa saja yang sebenarnya menjadi kebutuhan utama rakyat Papua. Gede Pasek juga mencontohkan perlunya membangun infrastruktur olah raga yang sesuai dengan talenta-talenta muda Indonesia. Misal dengan membangun lapangan sepak bola yang berkualitas dan menyiapkan SDM pendidikan yang baik di Papua. (fauji nur – sisidunia.com)