Home » Travel & Kuliner » Candi Siwa Kini Resmi Kembali Dibuka

Candi Siwa Kini Resmi Kembali Dibuka



Klaten – Kabar menggembirakan datang bagi seluruh masyarakat Indonesia maupun dunia internasional khususnya bagi para pecinta traveling dimana Candi Siwa yang telah ditutup selama kurang lebih 8 tahun, tepatnya sejak 2006, kini secara resmi kembali dibuka untuk umum dimana sejatinya sudah mulai terbuka ditahun 2013, Klaten, Rabu (05/11/2014).

Candi Siwa Kini Resmi Kembali Dibuka

Pada saat proses pembukaan resmi Candi Siwa untuk umum, Wahyu Astuti selaku Kasie Perlindungan, Pengembangan dan Pemanfaatan Balai Perlindungan Cagar Budaya DIY mengatakan lokasi terkait sempat dibuka sebelumnya namun jumlah kunjungan dibatasi hanya 50 orang karena dianggap masih berbahaya saat itu.

Disampaikan lebih lanjut, pembukaan secara resmi Candi Siwa tersebut telah berdasar konsolidasi, yaitu bangunan diperkuat menggunakan bahan perekat untuk beberapa area yang mengalami keretakan serta pada celah-celahnya. Selain itu proses penelitian maupun pemetaan mendalam dinyatakan juga sudah dilakukan.

Keputusan untuk dilakukannya konsolidasi diungkap oleh Wahyu Astuti karena untuk pembongkaran dirasa tidak memungkinkan, dan pada jaman Belanda dulu melakukan rehabilitasi melalui penyemanan. Sebagaimana diketahui, Candi Siwa sempat ditutup tahun 2006 silam karena terjadi kerusakan akibat goncangan gempa bumi. (Dwi Kristyowati – SisiDunia.com)