Home » News » Berita KPK: Menteri BUMN Rini Soemarno Siap Diperiksa KPK

Berita KPK: Menteri BUMN Rini Soemarno Siap Diperiksa KPK



Jakarta โ€“ Rini Soemarno memang baru mengemban tugas sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), namun dirinya kini dikabarkan telah dilaporkan oleh Gerakan Dekrit Rakyat Indonesia dan Koalisi Masyarakat Sipil ke pihak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Menanggapi kabar terkait laporan tersebut, Rini mangaku siap jika harus diperiksa oleh KPK.

Berita KPK: Menteri BUMN Rini Soemarno Siap Diperiksa KPK

Saat diwawancara pada Rabu (5/11/2014) pagi tadi, Rini menyatakan jika dirinya tidak ada masalah jika dimintai keterangan oleh pihak KPK.

Adapun dua kelompok yang melaporkan Menteri BUMN tersebut menilai jika Rini tak pantas menjabat sebagai menteri karena sebelumnya ia pernah memiliki track-record diperiksa dan diduga terlibat dalam penerbitan SKL atau surat keterangan lunas terkait kasus bantuan likuiditas Bank Indonesia. Mantan Menteri Perindustrian pada era Presiden Megawati itu malah menantang pada pihak yang melaporkannya ke KPK untuk membuktikan tudingan miring mereka.

Selain Rini, ada juga beberapa nama menteri lain yang dilaporkan oleh Gerakan Dekrit Rakyat Indonesia dan Koalisi Masyarakat Sipil. Beberapa nama tersebut adalah Arief Yahya selaku Menteri Pariwisata, Sudirman Said selaku Menteri ESDM, Sofyan Djalil selaku Menko Perekonomian, Rudiantara selaku Menteri Komunikasi dan Informatika, dan terakhir Amran Sulaiman selaku Menteri Pertanian. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)