Home » News » Berita Kenaikan BBM: PDI-Perjuangan Belum Setuju Jokowi Naikkan Harga BBM

Berita Kenaikan BBM: PDI-Perjuangan Belum Setuju Jokowi Naikkan Harga BBM



Jakarta – Pihak pemerintah telah memastikan bahwa harga bahan bakar minya (BBM) bersubsidi akan dinaikkan pada November 2014 ini. Walaupun tanggal pasti dan jumlah kenaikan BBM masih simpang siur, salah satu anggota DPR dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Rieke Diah Pitaloka, mengaku bahwa partainya belum memberi persetujuan atas niatan pemerintah untuk mencabut subsidi BBM tersebut.

Berita Kenaikan BBM: PDI-Perjuangan Belum Setuju Jokowi Naikkan Harga BBM

Saat diwawancarai SisiDunia (Rabu, 5/11/2014), Rieke mengungkapkan bahwa PDIP belum menyatakan setuju ataupun tidak hingga pemerintah menjelaskan persoalan ini dengan logika konstitusi.

Baca juga:
Berita Kenaikan BBM: BPH Migas Anggap Kenaikan Harga BBM Bersubsidi Tak Perlu Sosialisasi

Rieke melanjutkan bahwa pembahasan terkait BBM bersubsidi seharusnya dibicarakn dari hulu ke hilir. Seperti dari harga minyak dunia per barel, biaya kilang hingga perhitungan Pertamina dan jumlah pendapatan negara dari sektor minyak dan gas.

Rieke juga membantah bahwa kenaikan BBM bersubsidi akan dikompensasi dengan peluncuran tiga kartu sakti Jokowi, yakni Kartu Keluarga Sejahtera, Kartu Indonesia Sehat, dan Kartu Indonesia Pintar. Seperti sebelumnya yang sempat diungkapkan Puan Maharani selaku Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, diluncurkannya kartu sakti tersebut tidak memiliki kaitan dengan naiknya harga BBM bersubsidi. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)