Home » Ekonomi & Bisnis » Beras Karyan Yang Sempat di Klaim Malaysia, Kini menjadi Makanan Favorit Sultan Brunei

Beras Karyan Yang Sempat di Klaim Malaysia, Kini menjadi Makanan Favorit Sultan Brunei



Jakarta 5 November 2014 – Indonesia ternyata memiliki potensi komoditas ekspor yang menjanjikan. Salah satunya yaitu beras Adan Karyan. Setelah dimasak, beras tersebut menjadi makanan kesukaan Raja Burnei Darussalam yakni Sultan Hassanal Bolkiah.

Beras Karyan Yang Sempat di Klaim Malaysia, Kini menjadi Makanan Favorit Sultan Burnei

Beras Adan Karyan sendiri merupakan komoditas satu-satunya yang diproduksi dari Indonesia. Tepatnya di Kalimantan Timur, Kabupaten Nunukan, Kecamatan Krayan.

Bambang Laksmono Guru Besar Universitas Indonesia Fakultas Sospol mengungkapkan, beras Adan Karyan teksturnya seperti ketan dan hanya diproduksi di Kecamatan Krayan. Beras ini merupakan makanan kesukaan sultan Burnei. Namun disayangkan, hak paten beras Adan Karyan tersebut pernah diambil oleh Malaysia. Mereka mengkalaim bahwa beras tersebut diproduksi di negerinya.

Lebih lanjut Bambang menjelaskan, ia sangat prihatin kepada pemerintah yang tidak memberikan perhatian penuh terhadap produk lokal unggulan yang mempunyai daya jual tinggi. Oleh karenanya, penting untuk memperhatikan potensi kekayaan komoditas yang ada di Indonesia baik dari hulu sampai hilir agar Indonesia mempunyai brend tersendiri.

Sebelumnya, pada 9 Januari 2012 Dirijen HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual) telah mengeluarkan sertifikat paten untuk beras Adan Karyan. Dengan dikelaurkan sertifikat hak paten tersebut, maka Malaysia tidak punya alasan lagi untuk berkilah bahwa beras tersebut merupakan produksi negeri mereka.(Arkha Satya -sisidunia.com)