Home » Ekonomi & Bisnis » IHSG Hari Ini Akan Tertekan Karena Defisit Neraca Perdagangan

IHSG Hari Ini Akan Tertekan Karena Defisit Neraca Perdagangan



Jakarta – Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada hari ini Selasa (4/11/2014) diperkirakan belum mampu bangkit. Indeks saham tertekan karena efek dari rilis data laporan neraca perdagangan RI pada beberapa waktu yang lalu.

IHSG Hari Ini Akan Tertekan Karena Defisit Neraca Perdagangan

Menurut Reza Nugraha analis dari PT MNC Securities menjelaskan, inflasi memang terbilang tinggi namun tidak memberikan tekanan yang negatif. Hal ini lebih dikerenakan ekspor dan impor yang mengalami defisit.

BPS (Badan Pusat Stattistik) memaparkan neraca perdagangan Indonesia pada bulan September 2014  mengalami defisit US$ 270,3 juta apabila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya. Defisit pada sektor migas menyumbang US$ 1,03 miliar, dan untuk non migas megalami surplus sebesar US$ 0,76 miliar.

Lebih lanjut Reza menjelaskan, sentimen dari neraca perdagangan akan masih terus berlanjut karena sampai saat ini belum ada sentimen baru yang memicu penguaotan IHSG. Oleh karena itu ia memperkirakan IHSG akan terus mengalami penurunan akibat dari laporan keuangan emiten yang ada diluar ekspansi pemodal.

Reza juga meproyeksikan di perdagangan kali ini IHSG akan bergerak pada kisaran level support 5.020 dan untuk resistance pada level 5.090.

Sedangakn hasil riset dari PT Sinarmas Sekuritas memaparkan, IHSG pada hari ini akan bergerak pada level 5.063-5.107. sentimen yang akan mempengaruhi IHSG diantaranya adalah data dari SIM Manufacturing PMI yang diprediksi akan naik 0,07 menuju level 56,67. (Arkha Satya – sisidunia.com)