Home » Ekonomi & Bisnis » Berita Pasar: Adanya Perlambatan Ekonomi, Investor Tunggu Kinerja Perusahaan

Berita Pasar: Adanya Perlambatan Ekonomi, Investor Tunggu Kinerja Perusahaan



New York – Pasar bursa saham Amerika Serikat (AS) ditutup mendatar pada sesi perdagangan awal pekan ini, sementara penguatan terbesar terjadi pada indeks saham acuan Nasdaq. Pada penutupan perdagangan saham Selasa (4/11/2014) dini hari WIB, indeks saham Dow Jones turun 24,34 poin atau 0,14 persen ke level 17.366,18. Sedangkan indeks saham S&P 500 juga ikut turun 0,01 persen atau 0,26 poin ke level 2.017,79 dan indeks saham Nasdaq menguat 8,17 poin atau 0,18 persen ke level 4.638,91. Sektor saham-saham energi jatuh akiabt pengaruh harga minyak dunia setelah Arab Saudi yang merupakan produsen no 1 memotong biaya pengiriman untuk pelanggan Amerika Serikat. Akibatnya pelaku pasar saham melakukan aksi jual terhadap sektor saham energi.

Berita Pasar: Adanya Perlambatan Ekonomi, Investor Tunggu Kinerja Perusahaan

Dilansir dari Marketwatch, Kate Warne Investment Strategis Edward Jones mengatakan “Tidak semua data ekonomi lebih kuat dari yang diharapkan. Laporan data ekonomi variatif itu normal. Tetapi tren di Amerika Serikat cenderung menguat ketimbang global,” ungkapnya. Sbelumnya data ISM manufaktur naik pada Oktober, akan tetapi indeks PMI final dan konsumsi konstruksi melemah 0,4 persen. Selain itu data manufaktur Eropa dan China tidak menggembirakan.

Keputusan Bank Sentral Jepang untuk menaikkan stimulus juga memberikan efek jangka panjang ke pasar. Investor fokus terhadap langkah bank sentral yang memperhatikan deflasi, dan tidak akan menyerah untuk melawan pelambatan ekonomi dunia. Pelaku pasar juga memperhatikan hasil kinerja perusahaan Amerika Serikat. Pelaku pasar ingin mengetahui bagaimana ketahanan suatu perusahaan menghadapi perlambatan ekonomi. Sementar itu sejumlah saham yang menguat signifikan di awal pekan antara lain saham Sapient Corp naik 42 persen ke level US$ 24,60. Saham VCovance Ink naik 25,9 persen ke level US$ 100,57, diikuit saham asuransi AIG naik 1,4 persen akibat laporan keuangan lebih baik dari yang diharapkan. (fauji nur – sisidunia.com)