Home » News » Berita Kesehatan: BPJS Kesehatan Juga Siap Melayani Pemegang ‘Kartu Indonesia Hebat’

Berita Kesehatan: BPJS Kesehatan Juga Siap Melayani Pemegang ‘Kartu Indonesia Hebat’



Jakarta – Kini Kartu Indonesia Sehat telah resmi dluncurkan oleh Presiden Joko Widodo, di Gedung Pos Ibukota, Lapangan Banteng, Jakarta, Senin (3/11/2014). Presiden Jokowi, datang didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo, kemudian juga terlihat Puan Maharani Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, lalu Menteri Kesehatan Nina Moeloek, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, serta Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris.

Berita Kesehatan: BPJS Kesehatan Juga Siap Melayani Pemegang 'Kartu Indonesia Hebat'

Sekitar 2.775 KIS telah dibagikan pada 6600 KK, dan disebar ke lima kantor pos se-Jakarta untuk dibagikan. Diantaranya kantor pos Pasar Baru, Kantor Pos Kebon Bawang, Kantor Pos Jalan Pemuda, Kantor Pos Mampang, serta Kantor Pos Fatmawati.

Sebelum diluncurkan di Jakarta, Presiden Jokowi juga telah membagikan Kartu Indonesia Sehat pada pengungsi bencana Gunung Sinabung. Menurut programnya nanti kartu KIS ini akan dibagikan sepanjang tahun 2014 yang akan dibagikan ke 19 kabupaten/kota.

KIS ini berfungsi sebagai kartu kesehatan, yang bisa digunakan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan tingkat pertama kemudian tingkat lanjutan, lalu kemudian indikasi medis. KIS ini sebenarnya perluasan dari kartu JKN yang sebelumnya telah diluncurkan.

KIS ini diberikan pada seluruh penduduk Indonesia khusunya bagi fakir miskin dan juga warga tidak mampu, yang iurannnya akan dibayar oleh pemerintahan. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)