Home » Ekonomi & Bisnis » Indeks Saham Asia Variatif Seiring Liburnya Bursa Saham Jepang

Indeks Saham Asia Variatif Seiring Liburnya Bursa Saham Jepang



Singapura – Adanya pengumuman bank sentral Jepang yang akan memberikan stimulus pada akhir pekan lalu membuat bursa saham Asia lebih condong bergerak secara variatif pada perdagangan pasar hari ini.

Indeks Saham Asia Variatif Seiring Liburnya Bursa Saham Jepang

Indeks MSCI Asia Pacific yang ada diluar Jepang melemah 0,2 persen dari level yang paling tinggi sejak lima minggu terakhir. Dikutip SisiDunia.com dari Reuters (3/11/2014).

Akan tetapi, laju pergerkan saham Asia lebih menunjukan sisi moderat seiring liburnya bursa saham Jepang karena merayakan culture day. Pada perdagangan awal pekan ini, saham Australia dibuka naik 0,1 persen. Penguatan tipis indeks tersebut dikarenakan adanya dorongan saham di sektor perbankan.

Sedangkan untuk indeks saham Hang Seng dari Hong Kong juga dibuka naik sebesar 0,3 persen pada level 24.066,84. Naiknya indeks saham tersebut diikuti oleh saham Shanghai yang menguat 0,2 persen menuju 2.425,87 pada awal perdagangan hari ini.

Sementara itu, untuk dolar Amerika Serikat menembus level tertinggi terhadap yen yang dibarengi dengan pengumuman bank sentral Jepang yang memberikan stimulus.

Pada awal perdagangan kali ini, nilai tukar dolar AS kepada yen menembus level 113, dan hal tersebut merupakan level tertinggi sejak tahun 2007.

Selain itu, ada juga sentimen lain yang akan mempengaruhi laju indeks saham Asia yaitu aktivitas dari pabrik China yang menunjukan level terendah dalam lima bulan ini. Indeks saham PMI turun menjadi 50,8. (Arkha Satya -sisidunia.com)