Home » News » Berita Politik: Andi Hamzah, Jaksa Agung Lebih Baik dari Kalangan Dalam

Berita Politik: Andi Hamzah, Jaksa Agung Lebih Baik dari Kalangan Dalam



Jakarta โ€“ Andi Hamzah, pakar hukum pidana dan pengajar di Universitas Trisakti, menilai bahwa dipilihnya Jaksa Agung sebaiknya berasal dari kalangan dalam kejaksaan dan tidak memiliki latar belakang politikus. Jika Jaksa Agung berasal dari luar dianggap akan menimbulkan kekacauan karena kurang biasa dalam menjalankan institusi kejaksaan.

Berita Politik: Andi Hamzah, Jaksa Agung Lebih Baik dari Kalangan Dalam

Berdasarkan pantauan Harian Indo (Minggu, 2/11/2014), Andi menilai bahwa pekerjaan Jaksa Agung sangatlah berat, karena selain mengurus administrasi, Jaksa Agung juga memimpin penuntutan. Selain itu, berdasarkan Undang-Undang Kejaksaan, seorang Jaksa Agung harus berlatarbelakang sarjana hukum yang telah menjalankan pendidikan jaksa dan berpengalaman. Namun, Andi berharap agar Jaksa Agung yang terpilih nantinya tidak memiliki hubungan dengan partai politik manapun. Karena ditakutkan keterkaitan dengan parpol dapat membuat Jaksa Agung tidak berani membuat keputusan yang bertentangan dengan kepentingan parpol-nya.

Baca Juga
Kalau Sudah Terima Kartu KJP Tidak Terima KIP Lagi
Di Hadapan Jokowi, Susi Menyebutkan Kejanggalan di Dalam Kementerian

Jaksa Agung independen juga tidak akan memiliki kendala saat menangkap menteri ataupun pejabat lain yang terlibat kasus. Andi pun mencontohkan Jaksa Agung R. Suprapto yang pernah menjabat di tahun 1951-1959 yang mampu menangkap tiga menteri yang terindikasi terlibat kasus. Harapannya, Jaksa Agung akan dapat bertindak berani seperti R. Suprapto dulu. ( Rindi Ayunda – sisidunia.com)