Home » News » Bencana Kabut Asap: Penerbangan di Bandara Sampit Kembali Terganggu Kabut Asap

Bencana Kabut Asap: Penerbangan di Bandara Sampit Kembali Terganggu Kabut Asap



Sampit โ€“ Akibat tertutup kabut asap, penerbangan rute Jakarta-Sampit terpaksa harus dialihkan karena pesawat tidak dapat mendarat di Bandara Haji Asan Sampit di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah.

Bencana Kabut Asap: Penerbangan di Bandara Sampit Kembali Terganggu Kabut Asap

Berdasarkan pantauan SisiDunia (Minggu, 2/11/2014), hal ini merupakan kali kedua dalam dua hari terakhir dimana pesawat dari Jakarta terpaksa dialihkan ke Surabaya karena bandara masih tertutup kabut asap. Kabar tersebut diungkapkan oleh Fadlian Noor selaku Kepala Dinas Perhubungan , Komunikasi dan Informatika Kotim.

Fadlian makin khawatir dengan kabut asap yang semakin parah terjadi di Sampit. Hal tersebut ditakutkan dapat berdampak pada aktivitas ekonomi masyarakat lokal.

Baca Juga
Andi Hamzah: Jaksa Agung Lebih Baik dari Kalangan Dalam
Ahok: Kalau Sudah Terima Kartu KJP Tidak Terima KIP Lagi

Untuk pesawat jenis Boeing membutuhkan jarak pandang aman minimal 2.000 meter, namun jika melihat kondisi kabut asap yang terjadi dalam beberapa hari terakhir ini, membuat penerbangan tidak memungkinkan karena terlalu berisiko. Bahkan pihak maskapai tidak dapat memastikan keberangkatan pesawat sesuai jadwal, molor atau bahkan harus dibatalkan. Untuk penerbangan rute Jakarta-Sampit, sejatinya pilot memiliki alternatif untuk mendarat di bandara terdekat seperti Banjarmasin atau Pangkalan Bun, daripada harus kembali ke Jakarta atau mendarat di Surabaya.

Selain mengganggu penerbangan, kabut asap yang terjadi di wilayah Sampit juga berdampak pada pengendara jalan karena jarak pandang yang sangat pendek. Lampu kendaraan pun nyaris tidak terlihat dalam jarak 10 meter. Adapun masyarakat berharap agar kebakaran lahan dapat segera diatasi agar kabut asap tidak lagi mengganggu aktivitas dan kesehatan. ( Rindi Ayunda – sisidunia.com)