Home » Ekonomi & Bisnis » PDB Mendapat Rp 195 Triliun dari Industri Fesyen

PDB Mendapat Rp 195 Triliun dari Industri Fesyen



Jakarta – Arief Yahya yang menjabat sebagai Menteri Pariwisata yang baru menjelaskan potensi dari ekonomi kreatif. Salah satunya adalah ekonomi kreatif di sektor fesyen yang terbilang cukup besar menyumbang Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia.

PDB Mendapat Rp 195 Triliun dari Industri Fesyen

Dikutip SisiDunia.com dari Okezone.com Minggu (2/11/2014) Arief memparkan, “sektor ekonomi kreatif menyumbang sebesar 7 persen bagi PDB, atau apabila dirupiahkan nilainya mencapai Rp 650 triliun.

Dia juga menambahkan, potensi itu memang sangat besar apabila dilihat dari segi penyerapan tenaga kerjanya yang mencapai 12 persen. Selain itu pertumbuhan ekonomi kreatif ini juga terbilang ceapat yakni mencapai 5 juta unit per tahunya.

Untuk industri fesyen sendiri telah menyumbang sebesar Rp 195 triliun terhadap PDB, atau sebesar 30 persen dari sektor ekonomi kreatif yang ada di Indonesia.

Oleh sebab itu, Arief sangat optimis pada sektor ekonomi kreatif terutama pada sektor fesyen ini. Karena sektor ini memiliki potensi yang besar untuk dapat tumbuh berkembang pesat serta menjadi pemain utama di dunia global.

ia juga menjelaskan bahwa pada tahun 2013, ekonomi kreatif di bawah kewenangan Kementerian Pariwisata, dan sampai sekarang pun juga masih seperti itu. Akan tetapi nantinya akan terdapat badan baru yang lebih fokus menagani potensi ekonomi kreatif di Indonesia yang sesuai dengan visi dan misi dari Presiden yang baru. (Arkha Satya -sisidunia.com)