Home » Ekonomi & Bisnis » Membeli Minyak Dari Angola, Pemerintah Dapat Menghemat Rp 11 Triliun

Membeli Minyak Dari Angola, Pemerintah Dapat Menghemat Rp 11 Triliun



Jakarta – PT Pertamina akan belanja minyak dari perusahaan nasional yaitu Angola Sonangol EP. Langkah tersebut akan membuat pemerintah menghemat sebesar Rp 11 triliun setiap tahunya dengan asumsi nilai tukar rupiah adalah Rp 12.082/dolar Amerika Serikat.

Membeli Minyak Dari Angola, Pemerintah Dapat Menghemat Rp 11 Triliun

Presiden yang baru Joko Widodo sendiri telah memberikan tenggang waktu selama satu minggu untuk membuat poin-poin kerjasama yang akan ditandatangani baik seperti harga, volume, dan lain sebagainya.

Sudirman Said Menteri ESDM baru menyebutkan, pembelian minyak ke Angola tersebut atas ide dari PT Pertamina yang kemudian dapat direalisasikan pada pemerintahan ini.

Lebih lanjut ia menjelaskan Angola Sonongol EP nanti rencananya juga akan membangun kilang di Indonesia. Dan untuk pemerintah akan membuat anak usaha joint venture bersama Angola Sonongol EP untuk mengelola hal itu.

Pada kesempatan sebelumnya, Joko Widodo juga telah menyampaikan apa yang tengah dilakukan ini merupakan penghematan secara besar-besaran yang diupayakan pemerintah dalam segi persedian minyak dari luar negeri.

Pada Jumat (31/10/2014) PT Pertamina telah menandatangani nota kesepakatan kerjasama untuk pembelian minyak dari perusahaan nasional Angola Sonongol EP yang bertempat di Istana Keprisidenan.

Penandatanganan kesepakatan tersebut disaksikan langsung oleh presiden Jokowi Dodo yang ditemani oleh menteri ESDM (Sudirman Said) serta dihadiri juga oleh Mr. Manuel Domingos Vicente selaku wakil presiden Republik Angola. (Arkha Satya -sisidunia.com)