Home » Ekonomi & Bisnis » Kabar Pasar: Lenovo Resmi Akusisi Motorola Mobilty Dari Google

Kabar Pasar: Lenovo Resmi Akusisi Motorola Mobilty Dari Google



New York – Perusahaan Lenovo akhirnya menyelesaikan akusisi Motorola Mobility dengan mahar sebesar US$ 2,91 miliar. Hal ini merupakan salah satu upaya LEnovo untuk dapat berkuasa dipasar smartphoen global. Sebelumnya, Motorola Mobility telah dibeli oleh Google, akibat tidak mampu memberikan profit yang signifikan merelakan kepada Lenovo untuk mengambil alih Motorola Mobility untuk menjadi bagaian dari perusahaan tersebut.

Kabar Pasar: Lenovo Resmi Akusisi Motorola Mobilty Dari Google

Dilansir dari Wall Street Journal, Sabtu (1/11/2014) Lenovo akan mengoperasikan Motorola sebagai anak perusahaan yang berkantor di Chicago, di bawah kepemimpinan Presiden Direktur Rock Osterloh. Sedangkan Pimpinan Lenovo Mobile Business, Liu Jun akan bertindak sebagai pimpinan tertinggi Motorola. Motorola berencanan untuk mengubah arah bisnisnya untuk memberikan supali dan jaringan distribusi low-cost kepada Lenovo. Sedangkan Lenovo melalui CEo Yang Yuanqing, mengungkapkan beberapa kali jika tahun ini mereka berharap bisa menaikkan keuntungan Motorola dalam kurun waktu empat hingga enam kuartal setelah akusisi selesai.

Pada tahun 2005 Lenovo mengakusisi divisi bisnis PC IBM lalu menguasai bisnis PC, mengalahkan posisi Hewlett-Packard yang menduduki posisi nomor satu di bisnis PC tahun-tahun sebelumnya. Seiring dengan bisnis PC global yang menurun, Lenovo mencari sumber pendapatan baru dengan melebarkan sayap ke industri smartphone. Lenovo berupaya mengalahkan dominasi Apple dan Samsung di pasar global. Meskipun Motorola saat ini memiliki pangsa pasar smartphone yang kecil daripada Lenovo, CEO Lenovo YuanQing yakin jika mereka bisa memanfaatkan kesuksesan motorola di Amerika dan negara maju lainnya. Setelah akusisi ini, Lenovo memastikan akan tetap membiarkan logo Motorola tersemat di smartphone yang akan mereka jual, ketimbang menggantinya dengan logo Lenovo. (fauji nur – sisidunia.com )