Home » Gaya Hidup » Info Beasiswa: Program StuNed Indonesia Memberikan 250 Beasiswa Penuh Pertahun

Info Beasiswa: Program StuNed Indonesia Memberikan 250 Beasiswa Penuh Pertahun



Jakarta – Pemerintah Belanda kembali memberikan program beasiswa kepada masyarakat Indonesia bagi yang ingin melanjutkan studi ke jenjang master atau mengikuit kursus singkat di perguruan tinggi Belanda. Hari ini Sabtu (1/11/2014) Nuffic Neso Indonesia secara resmi membuka aplikasi program beasiswa StuNed untuk tahun 2015. Beasiswa StuNed terbuka untuk umum dan perhatian khusus diberikan kepada pelamar berprestasi dan memiliki keterkaitan dengan area prioritas kerjasama bilateral anatar pemerintah Belanda dan Indonesia. Dikutip dari berbagai sumber tujuan diadakannya Studeren in Nederland (StuNed) ialah membantu pembangunan di Indonesia melalui penguatan sumber daya manusia.

Info Beasiswa: Program StuNed Indonesia Memberikan 250 Beasiswa Penuh Pertahun

Ada sekitar lima bidang prioritas StuNed, yaitu pengelolaan air, ketahanan pangan, sektor ekonomi, sektor yudisial, dan hak asasi manusia. Sejak tahun 2000, StuNed memberikan rata-rata 250 beasiswa penuh per tahunnya. Indy Hardono selaku coordinator tim beasiswa StuNed mengatakan bahwa seleksi sangat ditentukan oleh keunggulan para pelamar baik dari sisi akademis, prospek karir, organisasi dan prestasi lainnya serta relevansi dengan area prioritas kerjasama bilateral kedua negara. Walaupun secara umum beasiswa StuNed ditujukan bagi profesional madya dengan pengalaman bekerja minimal 2 tahun, namun para fress graduate yang memiliki prestasi unggul dihimbau untuk mengirimkan aplikasinya.

Untuk mendaftar beasiswa StuNed, pelamar harus memiliki Surat Penerimaan (letter of admission) dari universitas/perguruan tinggi Belanda. Calon pelamar disarankan untuk segera mendaftar ke universitas yang ada di Belanda karena batas waktu pendaftaran beasiswa StuNed sampai dengan 15 maret untuk program Master dan tanggal 1 maret bagi program Kursus Singkat. Pada awal November 2014, rombongan perwakilan dari universitas-universitas Belanda akan mengungjungi kota Bandung, Jakarta, Surabaya, dan Makasar untuk berpartisipasi pada acara Dutch Placement Days dan Pameran Pendidikan Tinggi Eropa (EHEF).

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai StuNed, program studi di Belanda, dan kegiatan terkait di bulan November dapat dilihat pada laman www.nesoindonesia.or.id/stuned atau dapat pula mengunjungi staf kantor Nuffic Neso Indonesia untuk konseling gratis.(fauji nur – sisidunia.com)