Home » Ekonomi & Bisnis » Kabar Pasar: Bursa Saham AS Tembus Rekor, Jepang Naikkan Stimulus Moneter

Kabar Pasar: Bursa Saham AS Tembus Rekor, Jepang Naikkan Stimulus Moneter



New York – Bursa saham Amerika Serikat mengalami reli di awal perdagangan hari ini Jumat (31/10/2014) waktu setempat. Perdagangan telah menembus rekor yang pernah dicapai September lalu. Indeks saham Standar& Poor’s 500 menguat 0,9 persen ke level 2.011,21, melampaui all time high yang percah dicapai pada September kemarin. Sementara indeks Dow Jones Industrial Average juga mengalami reli dengan 103,42 poin atau 0,6 persen menjadi ke level 17.298,84 juga melampaui rekor pada September lalu.

Kabar Pasar: Bursa Saham AS Tembus Rekor, Jepang Naikkan Stimulus Moneter

Dikutip dari berbagai sumber Jumat (31/10/2014)Kully Samra dari Charles SchwabCorp mengatakan “Pasar bereaksi pada berita stimulus Jepang yang tidak diperkirakan. Stumulus Jepang akan mendorong pertumbuhan global, sementara ekonomi AS terlihat baik-baik,” ungkapnya. Bursa saham AS juga menguat karna ditopang kinerja korporasi yang lebih baik ketimbang perkiraan. Pemerintah AS juga kemarin mengumumkan laju pertumbuhan ekonomi 3,5% lebih baik daripada perkiraan pasar.

Sementara itu Bank Sentral Jepang hari ini meningkatkan basis stimulus moneter dari 60-70 trilun ke angka 80 triliun. Kebijakan ini menambah semangat bursa, terutama setelah Badan investasi dana pensiun pemerintah Jepang juga mengatakan akan menempatkan setengah dana investasi di pasar saham dan berinvestasi di aset alternatif. Sedangkan dua sentimen yang menutupi sentimen negatif yang muncul dari data belanja konsumen bulan September yang mengalami penurunan lantaran pendapatan rumah tangga tumbuh pelan. (fauji nur – sisidunia.com)