Home » Sport » Jelang GP F1 Amerika: Akibat Melebihi Jatah, Vettel Awali Balapan Dari Pitlane

Jelang GP F1 Amerika: Akibat Melebihi Jatah, Vettel Awali Balapan Dari Pitlane



Austin – Pembalap Jerman yang membela tim Red Bull, Sbastian Vettel menyatakan ketidakpuasan setelah dinyatakan tidak dapat mengikuti sesi kualifikasi Grand Prix Amerika Serikat. Juara empat musim F1 secara berturut-turut memerlukan mesin baru untuk menjajal lintasan balap di sirkuit of America tersebut. Dengan kondisi tersebut membuahkan penalti grid, tetapi jika Red Bull memilih untuk perubahan unit daya secara keseluruhan, maka mereka harus memulai balapan dari pitlane. Meski memilki keunggulan dengan melewati kualifikasi guna mengoptimalkan kondisi mesin.

Jelang GP F1 Amerika: Akibat Melebihi Jatah, Vettel Awali Balapan Dari Pitlane

Sebastian Vettel telah melebihi regulasi penggantian perangkat pada mobilnya, sehingga sesuai dengan peraturan FIA maka ia harus mengawali balapan dari pitlane, tetapi tetap diperbolehkan untuk menjalani sesi latihan bebas, sedangkan untuk sesi kualifikasi ia tidak diperkenankan untuk mengikutinya. Dikutip dari Crash, Jumat (31/10/2014) Vettel mengatakan “Tentu saja kami ingin melakukan lebih (ikut serta di kualifikasi), tapi seperti yang saya katakan, kami akan turun di sesi latihan saja. Aturan cukup jelas setelah Anda memutuskan untuk menggnati mesin dan mengambil jatah mesin, turbo atau power unit ke enam, maka Anda harus memulai balap dari pit lane. Bahkan jiak Anda berhasil mendapat pole position, tetap Anda harus mulai dari pit lane,” ungkapnya.

Vettel mengakui kulaifikasi tidak begitu penting bila harus memulai balapan dari pti lane. Dengan tidak mengikuti sesi kualifikasi, Vettel mengakui itu sangat berguna dalam menghemat daya mesin mobilnya cukup banyak untuk digunakan seri balapan selanjutnya di Brazil dan Abu Dhabi. (fauji nur – sisidunia.com)