Home » Ekonomi & Bisnis » Hanya Lulusan SMP, Susi Pudjiastuti Mampu Menjadi Miliarder dan Menteri

Hanya Lulusan SMP, Susi Pudjiastuti Mampu Menjadi Miliarder dan Menteri



Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya mantap memilih Susi Pudjiasari yang merupakan Presiden Direktur PT ASI Pudjiastuti Avition sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan.

Hanya Lulusan SMP, Susi Pudjiastuti Mampu Menjadi Miliarder dan Menteri

Jakarta, Jum’at (31/10/2014), berbeda dengan menteri kebanyakan yang mempunyai jenjang pendidikan yang tinggi bahkan sampai keluar negeri. Susi hanya seorang yang tamat pada sekolah menengah pertama (SMP).

Meski hanya memiliki ijazah SMP, wanita kelahiran 15 Januari 1965 ini merupakan salah satu pengusaha yang paling sukses di Indonesia. Bahkan karena kesuksesanya ia memiliki puluhan pesawat berbagai jenis seperti Pilatus PC-06 Porter, Piaggio P180 Avanti, dan Cessana Grand Caravan.

Mengawali karir sebagai pengepul ikan di Pangandaran, Susi mengembangkan usahanya dengan mendirikan pabrik pengolahan ikan yang ia beri nama PT ASI Pudjiastuti Marine Product yang pasarnya menembus hingga Amerika dengan produk andalanya lobster yang ia namai Susi Brand.

Dengan berkembang pesatnya produknya ini pun. Menjadikan Susi membutuhkan sarana pengangkutan hasil produknya dengan keadaan segar. Dari sini menteri yang baru di tunjuk oleh Presiden Jokowi ini mempunyai ide untuk memiliki pesawat pengangkut sehingga berdirilah PT ASI Pudjiastuti Aviation yang berkembang pesat sampai saat ini.

Oleh karena itu, tak heran apabila apa yang dilakukan oleh Susi banyak mendapatkan apresiasi dari beberapa pihak. dia pernah mendapatkan penghargaan Pelopor Wisata  dari pemerintah daerah Jawa Barat tahun 2004, Primaniyarta Award for Best Small & Medium Enterprose Exporter (2005), dan Young Entepreneur of the Year (2005). (Arkha Satya – sisidunia.com)