Home » Ekonomi & Bisnis » Di Indonesia, Kontraktor Lokal Masih Kalah Bersaing Dari Asing

Di Indonesia, Kontraktor Lokal Masih Kalah Bersaing Dari Asing



Jakarta – PII (Persatuan Insinyur Indonesia) mengungkapkan Kontraktor Indonesia saat ini masih belum mampu bersaing di dalam negeri sendiri, oleh sebab itu harus ada upaya dukungan dari pemerintah.

Di Indonesia, Kontraktor Lokal Masih Kalah Bersaing Dari Asing

Bobby Gafur Ketua Umum PII menjelaskan untuk saat ini terdapat 70 persen kontraktor yang digunakan jasanya di Indonesia merupakan kontraktor dari luar negeri. Sedangkan untuk kontraktor dalam negeri sendiri sebenarnya juga memiliki kualitas yang tak kalah bagusnya dengan kontraktor asing.

Indonesia sendiri pada dasarnya memiliki kontraktor lokal yang memiliki standar internasional, selain itu terdapat pula para insinyur yang sudah teruji kemampuanya.

Jakarta, Jum’at (31/10/2014), Bobby menilai, perlu adanya dukungan dari pemerintah untuk kontraktor dalam negeri supaya tidak kalah bersaing terhadap kontraktor asing. Salah satunya adalah dengan akses kemudahan ketika memperoleh dana pinjaman dari bank.

Selain itu Bobby juga menjelaskan dengan adanya dukungan pemerintah untuk para kontraktor lokal, paling tidak kontraktor Indonesia nantinya akan mampu menjadi pemimpin di kawasan ketika dibukanya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) pada tahun 2015 nanti.

Karena Indonesia termasuk negara G20 seharusnya ketika dibuka pasar bebas ASEAN 2015 nanti indonesia mampu menjadi pemimpin kawasan dalam sektor ini. Serta terjadi open market para pelaku pasar bisnis akan dapat dengan mudah masuk ke negeri kita bersaing secara kompetitif. (Arkha Satya -sisidunia.com)