Home » Ekonomi & Bisnis » Pemerintah Inginkan Tol Laut Harus Direalisasikan

Pemerintah Inginkan Tol Laut Harus Direalisasikan



Jakarta – Pemerintah baru yang dinahkodahi Jokowi-JK telah menjanjikan penguatan pada sektor maritim. Salah satu untuk merealisasikan proyek itu salah satunya adalah dengan membangun proyek tol laut.

Pemerintah Inginkan Tol Laut Harus Direalisasikan

Sofyan Djalil selaku Menteri Koordinasi di Bidang Perekonomian menegaskan tol laut adalah program baru yang perlu diwujudkan sesegera mungkin. Adapun membangun tol laut yang dimaksud disini adalah dibangunnya pelabuhan besar di Jakarta, Makassar, Surabaya, dan yang terakhir ialah di kota Medan.

Sudah pasti proyek besar ini juga akan membutuhkan dana yang besar pula, akan tetapi Sofyan memastikan semua dana tersebut tidak hanya dari pemerintah saja.

Lebih lanjut ia menjelaskan proyek pembangunan tol laut yang masih akan dimulai ini dapat dikatakan terlambat. Amerika yang sama-sama memiliki bentang wilayah yang terpisah dengan lautan sudah memiliki ‘sea highway’ sejak lama. Seharusnya Indonesia juga sudah membuat hal semacam itu dari sejak dulu.

Sofyan juga berani memastikan, apabila kita mampu membangun tol darat maka kita seharusnya juga lebih mampu membangun tol laut karena tidak ada pembebasan lahan.

Sementara itu Indroyono Soesilo selaku Menteri Koordinator Kemaritiman pihaknya juga akan berkomitmen untuk penyederhanaan izin investasi pada tol laut tersebut. Dengan adanya langkah tersebut diharapkan para investor juga akan tertarik dan diharapkan proyek tersebut segera dapat diwujudkan. (Arkha Satya – sisidunia.com)