Home » Ekonomi & Bisnis » Kini Kemenperin Menerbitkan SNI Untuk Kopi Instan

Kini Kemenperin Menerbitkan SNI Untuk Kopi Instan



Jakarta – Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk produk kopi instan kini Kementrian Perindustrian sudah menetapkan aturannya. Regulasi tersebut termaktub didalam Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 87/M-IND/PER/10/2014.

Kini Kemenperin Menerbitkan SNI Untuk Kopi Instan

Hartono selaku Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementrian Perindustrian menjelaskan tujuan dari diterbitkannya regulasi tersebut tak lain untuk memberikan perlindungan kesehatan kepada konsumen.

Ia juga menjelaskan kopi instan yang dimaksud dalam peraturan tersebut adalah kopi dalam bentuk kemasan curah maupun bentuk kemasan ritel, kopi murni instan yang tanpa ada campuran bahan lain dan kopi instan dekafein.

Adanya peraturan itu, baik produsen atau importir yang bergelut dalam bidang kopi instan harus menerapkan ketentuan SNI serta harus memiliki sertifikat resmi dari SNI dan mencantumkan tanda tersebut ke produk yang dimaksud, dengan ketentuan mudah dilihat, dibaca, dan tidak cepat hilang.

Akan tetapi hal tersebut ada pengecualiannya yakni bagi kopi yang diperuntukkan untuk bahan baku dan kopi instan yang digunakan untuk contoh penelitian tidak dikenakan ketentuan itu.

Dalam aturan tersebut juga menegaskan kopi instan buatan dalam negeri yang tidak memenuhi ketentuan tersebut (SNI) harus ditarik dan dimusnahkan oleh produsen yang terkait.

Sedangkan untuk kopi instan dari luar negeri yang tidak mematuhi ketentuan SNI harus direekspor bagi importir yang terkait atau diselesaikan berdasarkan UU yang berlaku. (Arkha Satya -sisidunia.com)