Home » News » Menteri Kabinet Kerja: Menkes Nila Memerintahkan Agar Pekerja RI di Daerah Ebola Diawasi Ketat Saat Pulang

Menteri Kabinet Kerja: Menkes Nila Memerintahkan Agar Pekerja RI di Daerah Ebola Diawasi Ketat Saat Pulang



Jakarta – Menteri Kesehatan Nila F Moeloek, memerintahkan agar para pegawai RI yang bekerja di kawasan Ebola, Afrika Barat diawasi secara ketat jika pulang ke tanah air. Ini disebabkan wabah Ebola masih terjadi di kawasan Afrika Barat, terutama di Liberia, Guinea, Sierra Leone.

Menteri Kabinet Kerja: Menkes Nila Memerintahkan Agar Pekerja RI di Daerah Ebola Diawasi Ketat Saat Pulang

“Sekitar ada 72 orang pekerja RI yang madih berada disana,” kata Menkes Nila, saat ditanya sisidunia, apakah masih ada pekerja, atau perawat, serta relawan Indonesia yang berada disana.

Ini diungkapkan oleh Nila usai menghadiri rapat Koorsinasi dengan Kementerian Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan, di Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (29/10/2014).

“Saya perintahkan, pada pekerja yang pulang ke Indonesia harus diawasi secara ketat. Jika tiba-tiba ada pekerja Indonesia yang kembali dari pekerjaanya di sana,” ungkap Nila dengan tegas.

Begitu pula dengan para petugas yang ada di sekitar pelabuhan dan juga udara diminta untuk selalu siap sedia. Jika memang diperlukan, orang-orang yang kembali ke tanah air dari kawasan Ebola sebaiknya di karantina lebih dahulu.

“Pasti ada petugas kesehatan di pelabuhan nantinya, lebih baik di masukkan dahulu ke eumah singgah, untuk diawasi dan diperiksa. Apalagi jika demam, sebab gejala awalnya memang demam,” ujarnya.

Namun hingga saat ini masih belum ada warga Indonesia yang terkena virus Ebola, jadi semua harus diawasi dengan ketat. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)