Home » News » Profil Susi Pudjiastuti, Menteri Era Jokowi JK Yang Tampil Nyentrik

Profil Susi Pudjiastuti, Menteri Era Jokowi JK Yang Tampil Nyentrik



Jakarta – Jika banyak pejabat negara tampil dengan sikap yang elok dan penuh keteraturan, namun tidak bagi Menteri Kelautan dan Perikanan dari Kabinet Kerja Jokowi JK 2014-2019, Susi Pudjiastuti.

Profil Susi Pudjiastuti, Menteri Era Jokowi JK Yang Tampil Nyentrik

Perempuan kelahiran Pangandaran, 15 Januari 1965 tersebut adalah pemilik PT ASI Pudjiastuti Marine Product yang memiliki produk andalan lobster yang diberi merek Susi Brand.

Selain itu, Susi Pudjiastuti juga adalah pemilik Susi Air yang hingga tahun 2012 yang lalu mengoperasikan 50 pesawat dengan berbagai tipe serta telah mempekerjakan 180 pilot, dengan 175 di antaranya merupakan pilot asing.

Lahir dari pasangan Haji Ahmad Karlan dan Hajjah Suwuh Lasminah, Susi memulai bisnisnya sebagai pengepul ikan di Pangandaran. Modal bisnis yang didapatkan oleh perempuan berusia 49 tahun tersebut adalah hasil dari menjual perhiasan, pada 1983.

Dari sanalah bisnis Susi berkembang dan menggurita hingga sekarang. Melalui PT ASI Pudjiastuti Aviation, pesawat Susi mengangkut lobster dan ikan segar tangkapan nelayan di berbagai pantai di Indonesia ke pasar Jakarta dan Jepang.

Saat Tsunami melanda Aceh dan beberapa wilayah di Indonesia, Cessna Susi adalah pesawat pertama yang berhasil mencapai lokasi bencana untuk mendistribusikan bantuan kepada para korban yang berada di daerah terisolasi.

Sudah banyak penghargaan yang diterima oleh ibu dari 3 anak ini. Salah satunya adalah sebagai Inspiring Woman 2005 dan Eagle Award 2006 dari Metro TV.

Namun dibalik itu semua, ada kebiasaan Susi yang mendapatkan kritikan dari pengguna media sosial, yaitu merokok. Pasalnya, saat berkunjung ke Istana Presiden, Susi meladeni pertanyaan wartawan dengan menghisap rokok yang memang telah dibawanya sejak awal.

Berikut adalah profil lengkap Susi Pudjiastuti

Nama : Susi Pudjiastuti
Jabatan : Menteri Kelautan dan Perikanan
Mulai menjabat : 27 Oktober 2014
Lahir : 15 Januari 1965 (umur 49) di Pangandaran, Jawa Barat
Kewarganegaraan : Indonesia
Anak : 3 anak
Tempat tinggal : Indonesia

(Dwi Kristyowati – sisidunia.com)