Home » News » Presiden Meleburkan Sekretaris Kabinet ke Menteri Sekretaris Negara

Presiden Meleburkan Sekretaris Kabinet ke Menteri Sekretaris Negara



Jakarta – Andi Widjajanto, Mantan Deputi Tim Transisi Jokowi-JK menjelaskan tidak ada lagi Sekretaris Kabinet, karena Presiden Jokowi meleburkan menjadi Menteri Sekretaris Negara yang mana Presiden Jokowi menunjuk Pratikno yang juga merupakan Rektor UGM ini.

“Presiden memilih meleburkan Sekretaris Kabinet ke Menteri Sekretaris Negara,” jelas Andi Widjajanto, usai pelantikan menteri Kabinet Kerja di Istana Negara, Senin (27/10/2014).

Presiden Lebur Seskab ke Mensesneg

Minggu (26/10) kemarin, Presiden sudah mengumumkan nama-nama Menteri yang dilantik pada hari ini, namun tidak termasuk jabatan Sekretaris Kabinet. Dan menurut Pakar hukum Tata Negara Refly Harun, keputusan Presiden melebur Seskab ke Mensesneg keputusan yang sangat tepat sekali.

“Mensesneg dalam kapasitas presiden sebagai kepala negara, Seskab dalam kapasitas presiden sebagai kepala pemerintahan. Padahal dalam pemerintahan, keduanya tidak bisa dipisahkan,” kata Refly.

Baca Juga :

Apalagi kinerja Seskab dengan Mensesneg saling tumpang tindih, “Pegawai Sekretariat Kabinet dan Sekretariat Negara pun bingung. Mereka sama-sama melayani Presiden, tapi kepalanya berbeda,” ujar Refly. (Moch Asnan – www.sisidunia.com)