Home » News » Kabinet Jokowi: Kajati Jawa Barat Calon Kuat Jaksa Agung RI

Kabinet Jokowi: Kajati Jawa Barat Calon Kuat Jaksa Agung RI



Jakarta – Mantan Direktur Penuntutan Komisi Pemberantasan Korupsi, Feri Wibisono dianggap sosok yang pas untuk menjadi Jaksa Agung pada Kabinet Kerja, Jokowi-Jusuf Kalla. Feri Wibisono saat ini menjabat Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Jawa Barat, mampu membawa perubahan di Kejaksaan Agung bila terpilih nantinya. Pakar hukum administrasi negara dan hukum tata negara Universitas Parahiyangan, Bandung, Prof.Dr. Asep Warlan Yusuf menilai, kajati jabar tersebut punya keberanian dalam menegakkan hukum, kemampuan tersebut yang diperlukan Kejaksaan Agung saat ini.

Kabinet Jokowi: Kajati Jawa Barat Calon Kuat Jaksa Agung RI

dikutip dari berbagai sumber, Senin (27/10/2014) praktisi hukum, Todung Mulya Lubis, menilai pengalaman Feri Wibisono yang pernah menjadi Direktur Penuntutan KPK, akan membuat sinergi antara Kejaksaan Agung dengan Komisi Pemberantasan Korupsi lebih kuat, jika Feri ditunjuk sebagai Jaksa Agung. Sementara Kepala pusat kajian hukum dan HAM nusantara (puskamra), Hilal Ramadhan, menyatakan sosok Jaksa Agung dari internal dapat memperkuat institusi kejaksaan.

Hilal menyatakan, belakangan ini beredar kabar muncul nama lain dari luar institusi kejaksaan. Sedangkan prestasi Feri Wibisono pada saat menjabat sebagai Kajati Banten, pernah menangkap pengusaha yang dekat dengan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah, yakni Ratu Irma suryani, karena terlibat dugaan korupsi Program Peningkatan Drainase Primer Kali parung, kota Serang yang bernilai miliaran. (fauji nur – sisidunia.com)