Home » News » Biarkan Kabinet Kerja Tunjukkan Kemampuan dan Kinerjanya Dahulu

Biarkan Kabinet Kerja Tunjukkan Kemampuan dan Kinerjanya Dahulu



Jakarta – Setelah diumumkannya Kabinet Kerja oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, pada Minggu (26/10), politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Aboebakar Alhabsy memberikan beberapa catatan.

Biarkan Kabinet Kerja Tunjukkan Kemampuan dan Kinerjanya Dahulu

Ketika ditemui wartawan sisidunia, Senin (27/10/2014), dari sudut pandang Aboebakar terungkap dengan tidak adanya wakil dari kubu Koalisi Merah Putih (KMP), menunjukkan bahwa koalisi dari para pendukung Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa sama sekali tidak mengemis terkait jatah menteri di kabinet.

Selain itu hal ini mempertegas bahwa KMP masih konsisten untuk tetap berada di luar pemerintahan dan akan menjadi penyeimbang dari pemerintahan Jokowi-JK. Bahkan dengan pengumuman Kabinet Kerja kemarin dan masih adanya menteri yang diberi tanda merah oleh KPK namun masih dipergunakan tentu menjadi pertanyaan dari publik.

Disampin itu ini menjadi pekerjaan bagi KPK, apakah figur yang saat ini menjabat sebagai menteri dapat dengan tegas diciduk jika dikemudian hari memang terbukti bersalah. Aboebakar juga mengungkapkan bahwa agar tidak menjadi spekulasi yang berkembang luas maka KPK dan Jokowi sebaiknya dapat memberikan klarifikasi terkait hal ini.

Ditambah lagi dengan adanya menteri yang memiliki latar belakang pengusaha sangat riskan terjadinya konflik atas kepentingan usahanya. Sehingga Jokowi harus mengantisipasi hal ini, karena sebenarnya pengelolaan kementerian tentunya sangat berbeda dengan pengelolaan perusahaan.

Memang bagi pengusaha selama ini mereka bebas menentukan keuangan dan juga asset yang dimiliki, namun jika menjabat sebagai menteri tentunya mereka harus mengelola dengan baik dan harus disesuaikan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Saat ini yang terpenting adalah kita berikan waktu para menteri untuk menunjukkan kemampuan dan hasil kerjanya, pungkas Aboebakar. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)