Home » News » Presiden Jokowi Akan Lebur Kementerian, Jumlah PNS Berkurang?

Presiden Jokowi Akan Lebur Kementerian, Jumlah PNS Berkurang?



Jakarta โ€“ Presiden Joko Widodo dikabarkan telah berencana untuk melebur atau menggabungkan beberapa kementerian yang dinilai saling tumpang tindih dalam hal pekerjaan dan kewenangan. Jika nantinya rencana Jokowi menggabungkan kementerian terealisasi, apakah akan memangkas jumlah PNS? Atau kemungkinan gaji PNS yang akan diturunkan?

Presiden Jokowi Akan Lebur Kementerian, Jumlah PNS Berkurang?

Hal tersebut dikonfirmasi oleh Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Eko Sutrisno, yang menilai bahwa tidak akan ada pemecatan atau pengurangan jumlah PNS. Namun dirinya tidak dapat memastikan berapa jumlah pegawai yang dibutuhkan tiap kementerian baru nantinya.

Eko meyakini jika rencana Presiden Jokowi untuk melebur kementerian terealisasi, nantinya PNS harus harus siap untuk dipindah ke kementerian lain atau bahkan dimutasi ke daerah. Namun dalam pemindahan pegawai nantinya akan dilakukan juga tes kompetensi untuk dapat menentukan posisi yang akan cocok diduduki nantinya.

Eko melanjutkan bahwa nantinya besar gaji juga akan ditentukan sesuai dengan hasil kompetensinya. Jika PNS tersebut naik grade, maka gajinya bisa naik saat di kementerian baru, begitu pula sebaliknya. Tidak hanya pegawai, nantinya pejabat eselon kementerian juga akan kembali dites kompetensi jika akan dipindah ke kementerian lain. Hasil tes kompetensi itu akan sangat menentukan apakah pejabat eselon tersebut masih layak menjabat atau tidak. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)