Home » Ekonomi & Bisnis » Di Era Pemerintahan Ini Industri Perkapalan Diprediksi Akan Sumringah

Di Era Pemerintahan Ini Industri Perkapalan Diprediksi Akan Sumringah



Jakarta – Presiden yang baru dilantik Joko Widodo (Jokowi) mempunyai komitmen untuk berupaya membangun kembali sektor maritim di Indonesia yang selama ini dirasa belum optimal.

Di Era Pemerintahan Ini Industri Perkapalan Diprediksi Akan Sumringah

Dengan adanya pembangunan dalam sektor maritim tersebut, bukan hanya industri perikanan yang akan sukses namun juga akan menimbulkan efek multi pada beberapa industri yang lain seperti transportasi laut.

Seperti yang kita ketahui, industri perkapalan di Indonesia kini kurang bergairah karena minimnya dukungan dari pihak pemerintah, baik dalam hal pendanaan maupun pembangunan infrastruktur yang mendukung.

Ina Primania Guru Besar dari Universitas Padjadjaran menjelaskan, pegembangan maritim dapat dimulai dari Indonesia bagian timur. Karena di Indonesia bagian timur kaya akan sumber daya lautnya (sektor perikanan).

Lebih lanjut ia menjelskan, pemerintah harus memiliki road map untuk mewujudkanya dan menentukan industri apa saja yang akan dikembangkan di Indonesia Timur itu.

Selain itu terdapat pula hal yang lebih penting lagi yakni pembangunan infrastruktur yang menunjang sehingga para investor melirik untuk menanamkan modalnya.

Oleh karena itu, era pemerintahan Jokowi ini. Jokowi harus melibatkan para nelayan untuk diberikan pengarahan serta edukasi bagaimana cara menangkap ikan yang baik dan menjaga agar tetap memiliki kualitas yang tetap baik. program semacam ini akan sangat membantu sekali dalam upaya meningkatkan kesejahteraan para nelayan. (Arkha Satya – sisidunia.com)