Home » News » Berita Ekonomi: Kenaikan Tarif ATM Ditunda, Nasabah Gembira

Berita Ekonomi: Kenaikan Tarif ATM Ditunda, Nasabah Gembira



Jakarta โ€“ Kenaikan tarif Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Bersama dan ATM Prima dikabarkan ditunda menjadi 1 November 2014, dari yang semula dijadwalkan pada 1 Oktober 2014. Pihak Bank Indonesia (BI) memberikan pernyataan bahwa pengunduran jadwal kenaikan tariff ATM tersebut dilakukan karena ada beberapa pertimbangan khusus, salah satunya ialah sosialisasi kepada nasabah.

Berita Ekonomi: Kenaikan Tarif ATM Ditunda, Nasabah Gembira

Berdasarkan pengamatan wartawan SisiDunia (Minggu, 26/10/2014), diundurnya kebijakan baru tersebut dapat menjadi kabar gembira bagi nasabah pengguna ATM Bersama dan ATM Prima. Hal tersebut didukung oleh beberapa pengamat ekonomi yang mengungkapkan bahwa pengunduran jadwal kenaikan tarif ATM bisa menjadi kesempatan bagi bank untuk segera menyosialisasikan tarif baru yang akan segera berlaku untuk Jaringan ATM Bersama dan ATM Prima.

Menurut pandangan pengamat ekonomi, kenaikan biaya pada penggunaaan ATM Bersama wajar diterapkan, karena pihak bank-bank yang bersangkutan telah melakukan investasi yang nilainya cukup besar dalam pengadaan ATM, jadi hal ini tidak memiliki urgensi untuk menjadi sebuah polemic.

Sebagai informasi tambahan untuk Anda, nantinya terhitung 1 November 2014 pihak perbankan akan menaikkan biaya administrasi untuk ATM Bersama dan ATM Prima. Kenaikan tarif tersebut mencapai 50% atau sekitar Rp. 2.500 menjadi Rp. 7.500, dari tariff sebelumnya yang hanya dikenakan Rp. 5.000 per transaksi. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)