Home » News » Petinggi KPK Ingatkan Jokowi Untuk Lebih Selektif Memilih Menteri

Petinggi KPK Ingatkan Jokowi Untuk Lebih Selektif Memilih Menteri



Jakarta – Menjelang pengumuman komposisi kabinet baru Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan wakil Presiden Jusuf Kalla (JK), Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Busyro Muqoddas, mengingatkan Presiden dan Wakil Presiden untuk lebih selektif dan berhati-hati dalam memilih Menterinya.

“Konsekuensi kepemimpinan yang perlu diambil sebagai pilihan akhlak politik ialah dengan ekstra hati-hati dalam memilah dan memilih kabinetnya,” tulis Busyro melalui pesan singkat, pada Jumat (24/10/2014).

KPK Ingatkan Jokowi Untuk Lebih Selektif Memilih Menteri

Busyro juga menjelaskan, dalam menentukan seorang Menteri banyak sekali pertimbangan yang harus di perhatikan Presiden Jokowi, disamping intelektualitas calon menteri juga harus bersih, independen, dan teruji egalitarianitasnya.

Namun Busyro juga memberikan apresiasi kepada Presiden Jokowi yang telah menyodorkan nama para calon menteri pada Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) dan KPK untuk dilakukan rekam jejak, langkah tersebut merupakan komitmen Jokowi dalam membentuk pemerintah yang bersih.

“Rakyat sudah terlalu lama menahan kesabarannya sebagai victim akibat budaya, sistem, dan proses politik yang menggasak hak-hak ekosob rakyat dan pengingkaran terhadap prinsip kedaulatan rakyat,” jelas Busyro.

Baca Juga:

Seleksi calon Menteri sendiri masih dalam proses, di Istana Merdeka Presiden Jokowi dan Wakil Presiden JK masih menggodok nama-nama yang sudah masuk, rencana nya Calon Menteri nantinya akan di panggil ke Istana Merdeka untuk menghadap Presiden. (Moch Asnan – www.sisidunia.com)