Home » Ekonomi & Bisnis » Kurang Bergairahnya Transaksi Saham Harian Bahana Securities

Kurang Bergairahnya Transaksi Saham Harian Bahana Securities



Jakarta – Laju investment banking pada sektor bisnis pasar mobil kini nampaknya diliputi awan mendung sehingga mengakibatkan keadaan yang kurang kondusif perdagangan pada tahun ini. Kondisi tersebut yang mengakibatkan turunya bisnis investmen banking, bahkan untuk perusahaan sekuritas berplat merah juga mengalami hal yang serupa.

Kurang Bergairahnya Transaksi Saham Harian Bahana Securities

Wiwit Gunawan selaku Direktur Operasional Bahana Securities mencatat bahwa perusahaanya mengalami penurunan transaksi harian saham kurang lebih 9 persen dari Rp 361 miliar/harinya (September 2013) sekarang menjadi Rp 329 miliar/harinya di periode yang sama tahun 2014.

Jika di akumulatifkan, perseroan mendapatkan laba bersih sebesar Rp 35 miliar selama bulan Januari sampai akhir September 2014. Sedangkan untuk total pendapatanya adalah Rp 161,6 miliar yang sebagian didapat dari pendapatan investment bangking sebesar Rp 81,5 miliar, dan untuk sisanya diproleh dari bisnis Fixed income brokerage dan equity.

Lebih lanjut ia menjelaskan terdapat sejumlah transaksi pada pasar modal yang sudah diselesaikan sampai bulan ini. Diataranya adalah right issue dan placement PT Garuda Indonesia dengan nilai sebesar Rp 1,48 triliun, placement treasury PT Telkom Indonsia Rp 2,58 triliun, dan IPO dengan PT Wika Beton adalah Rp 1,21 triliun.

Selain itu pada akhir tahun ini pihak Gunawan juga tengah mengerjakan proyek finansial advisory. Diantara yang sudah selesai adalah M&A PT Indonesia Asahan Alumunium dengan nilai US$ 550 juta, M&A BNI Life dengan total Rp 4,2 triliun dan dengan M&A Inhealth sebesar Rp 1,75 triliun. (Arkha Satya – sisidunia.com)