Home » Gaya Hidup » Tips memperkuat Gigi: Dengan Remineralisasi Yakni 3 Cara Menjaga Gigi Tetap Sehat

Tips memperkuat Gigi: Dengan Remineralisasi Yakni 3 Cara Menjaga Gigi Tetap Sehat



Jakarta – Ketika beranjak dewasa banyak yang beranggapan bahwa kekuatan gigi di tentukan pada saat masa anak-anak sampai dengan remaja. Ketika beranjak dewasa banyak cara yang ditempuh untuk dapat memperkuat gigi dan merawatnya. Dilansir dari laman Howstuffworks, Kamis (23/10/2014) memperkuat gigi dapat dilakukan dengan cara menempatkan mineral kembali ke enamel gigi atau yang dinamakan remineralisasi.

Tips memperkuat Gigi: Dengan Remineralisasi Yakni 3 Cara Menjaga Gigi Tetap Sehat

Beberapa cara melakukan remineralisasi diantaranya:

Pertama, Pastikan Terpenuhi Penggunaan Flouride
Flouride dapat membantu membuat kristal yang membentuk kembali enamel gigi lebih tahan lama. Flouride dapat juga menghentikan pertumbuhan bakteri yang memproduksi asam. Ada dua cara memenuhi asupan flouride untuk gigi. Pertama, flouride topikal yakni memberikan flouride langsung ke gigi melalui pasta gigi. Kedua, flouride sistematik, yakni dengan menggunakan cairan yang diminum. Beberapa kandungan makanan yang banyak mengandung flouride seperti ikan dan teh hijau.

Kedua, Makan makanan penguat Gigi
Penyebab kerusakan gigi adalah adanya bakteri dalam mulut yang mengeluarkan zat asam dimana dapat merapuhkan kekuatan gigi. untuk mengatasinya, ada beberapa makanan yang dapat menghilangkan bakteri tersebut diantaranya adalah jus kranberi dan anggur merah. Kedua jenis makanan tersebut memiliki kandungan polifenol yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Keju juga dapat memperkuat gigi karena banyak memiliki kandungan kalsium. Menyantap keju sehabis makan dapat menetralisir asam yang menempel pada gigi. Selain kalsium, zat yang diperlukan untuk memperkuat gigi adalah fosfor dan magnesium. Fosfor didapatkan dengan mengkonsumsi daging, ikan dan telur sementara Magnesium dengan makan bayam dan pisang.

Ketiga, Terpenuhinya Vitamin
Untuk memaksimalkan penyerapan kalsium oleh tubuh maka diperlukan vitamin D. Dengan mengkonsumsi kuning telur, hati, ikan berlemak seperti salmon dan tuna serta susu. Sinar matahari di pagi hari juga dapat membantu tubuh menyerap vitamin D dari luar. Selain vitamin D, maka tubuh juga memerlukan vitamin C untuk dapat menjaga gigi dan gusi tetap sehat. Sumber vitamin C diantaranya jeruk, stroberi, brokoli, paprika dan tomat.

Selain ketiga cara tadi untuk menjaga gigi tetap sehat dengan sering-sering menggosok gigi setelah makan dan sebelum tidur, minimal 2 kali sehari , hal ini merupaka cara mudah untuk dapat menjaga gigi tetap sehat. (fauji nur – sisidunia.com)