Home » Ekonomi & Bisnis » Sumur Bukit Tua Akan Beroprasi April 2015

Sumur Bukit Tua Akan Beroprasi April 2015



Jakarta – SKK Migas (Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi) menjelaskan proses perkembangan proyek migas di area Lapangan Bukit Tua yang ada diperairan utara Madura pada awal Oktober 2014 telah mencapai 65 persen.

Sumur Bukit Tua Akan Beroprasi April 2015

Johanes Widjanarko selaku Pelaksana Tugas Kepala SKK Migas, di Lapangan Bukit Tua ditargetkan akan beroprasi pada April 2015 dan sekarang sudah pada tahap peresmian fasilitas produksi, penyimpanan serta pengangkutan terapung (FPSO).

FPSO sendiri memiliki panjang 233 m, lebar 43 m dan tinggi 20 m yang diberi nama dengan Ratu Nusantara sebagai apresiasi atas kemitraan antara Indonesia dan Malaysia di Kepulauan Nusantara.

Ratu Nusantara sendiri adalah kapal Tanker Scorpius yang dirakit pada 1994 dan dimiliki oleh Keppel Corporation. Hampir ada 16 bulan untuk mengubah kapal tanker tersebut menjadi FPSO.

Diperkirakan lapangna Bukit Tua pada awal produksi akan memproduksi minyak sebesar 5000 barel/hari serta ada 20 juto kaki kibik gas bumi yang akan dieksploitasi. Produksi tersebut akan terus ditingkatkan dan mencapai puncaknya yakni 20 ribu barel minyak perharinya serta ada 60 juta kaki kubik gas bumi per hari.

Produksi gas tersebut rencananya akan diberikan kepada konsumen domestik yakni PT Petrogas Jatim Utama yang digunakan untuk menyuplai kebutuhan pembangkit listrik bertenaga uap dan gas yang ada di Gresik. (Arkha Satya -sisidunia.com)