Home » News » Berita Kabinet KIH: Presiden Jokowi Akan Ajukan Surat Ke DPR, Untuk Mengubah Kementerian

Berita Kabinet KIH: Presiden Jokowi Akan Ajukan Surat Ke DPR, Untuk Mengubah Kementerian



Jakarta – Presiden Jokowi sudah menandatangani surat permohonan pertimbangan untuk mengubah kementerian yang baru, pada Selasa (21/10/2014). Hal ini diungkapkan oleh Mantan Deputi Tim Transisi Andi Widjajanto.

Berita Kebinet KIH: Presiden Jokowi Akan Ajukan Surat Ke DPR, Untuk Mengubah Kementerian

“Kemarin Presiden Jokowi sudah menandatanganinya, bisa jadi hari ini surat itu akan diserahkan oleh Sekretariat Jenderal DPR untuk selanjutnya diteruskan ke Ketua DPR. Nantinya Pak Jokowi akan menghubungi sendiri ke Ketua DPR tentang perubahan ini,” ungkap Andi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (22/10/2014).

Baca juga:
Presiden Joko Widodo Akan Ungkap Kabinetnya Pada Hari Ini

Presiden dalam mengubah kementerian, ternyata juga ada dalam Undang-Undang no 39 Tahun 2008, mengenai Kementerian Negara. Jadi Presiden memang berhak untuk membentuk lagi ataupun merubah lagi kementerian.

Namun semua ini berlaku jika memang Presiden berada di tengah jabatannya, dan ingin adanya perubahan serta pembentukan Kementerian.

Menurut pandangan Andi, bisa jadi Pak Jokowi melakukan itu semua karena ingin adanya tradisi baru, dan juga ingin berkonsultasi terlebih dahulu dengan DPR serta meminta pertimbangan dalam perubahan Kementerian inui. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)