Home » Travel & Kuliner » Kontroversi Video Onde Mandeh, Ini Penjelasan Bule Pengelola

Kontroversi Video Onde Mandeh, Ini Penjelasan Bule Pengelola



Jakarta – Munculnya video Onde Mandeh Pulau Cubadak cukup membuat gempar dunia maya beberapa waktu terakhir mengingat didalamnya terdapat bentuk pernyataan pengusiran pengunjung lokal yang dilakukan oleh warga asing pengelola ‘Cubadak Paradiso Village’ dimana terkini diketahui merupakan warga negara Italia.

Kontroversi Video Onde Mandeh, Ini Penjelasan Bule Pengelola

Terkait kontroversi dalam video berdurasi 21 menit 37 detik tersebut, pada keterangannya, Selasa (21/10/2014), pihak pengelola mengatakan pelarangan itu muncul karena pengunjung terkait tidak terlebih dahulu melakukan konfirmasi kepada pengelola untuk melakukan pengambilan dokumenter video.

“Kami bekerja didaerah Mandeh sejak lebih dari 20 tahun, bekerja dengan, dan, memberi kontribusi bagi ekonomi lokal. Kami adalah pembayar pajak yang baik bagi negara, dan melakukan pekerjaan yang jujur ​​didaerah terpencil dimana segala sesuatunya untuk dikembangkan,” ujar bule pihak pengelola.

“Itu benar-benar bukan waktu yang tepat untuk datang, dan mereka seharusnya tahu,” imbuh pihak pengelola seraya mengatakan seharusnya terdapat konfirmasi terlebih dahulu mengenai kunjungan tersebut tanpa terkecuali terkait dengan tujuannya dimana dalam hal ini melakukan shooting video.

Tak hanya itu saja, dijelaskan pula bahwa selama ini yang mengurus wilayah terkait adalah pihak pengelola termasuk dalam hal pembuatan dermaga dan menjaga kebersihan dilokasi setempat. “Pantai Cubadak Paradiso ada karena kita membuatnya,” tegasnya lebih lanjut seraya berujar hal tersebut yang membuat Pulau Cubadak disukai.

Pihak terkait pun menegaskan sampai sejauh ini tidak terlihat adanya fasilitas umum yang dibuat oleh pemerintah setempat layaknya hasil ciptaan bule pengelola dengan turut mengatakan siapapun dipersilahkan masuk kedalam resort yang dikelolanya, namun tetap diharapkan adanya konfirmasi terlebih dahulu. (Maria Ulfa – SisiDunia.Com)