Home » Travel & Kuliner » Berita Pulau Cubadak, Bule Pengelola Baru Dianggap Tidak Ramah

Berita Pulau Cubadak, Bule Pengelola Baru Dianggap Tidak Ramah



Jakarta – Pulau Cubadak kini tengah ramai menjadi perhatian masyarakat luas setelah munculnya video berjudul Onde Mandeh pada jejaring Youtube dengan durasi waktu 21 menit 37 detik akibat adanya adegan pengusiran kepada para pengunjung lokal yang ingin melakukan pengambilan gambar dilokasi terkait.

Berita Pulau Cubadak, Bule Pengelola Baru Dianggap Tidak Ramah

Darpius selaku salah satu tokoh masyarakat setempat yang juga menjadi ‘guide’ pada perjalanan para pengunjung lokal ke Pulau Cubadak tersebut dalam keterangan videonya mengatakan pengelola baru memang tidak seramah sebelumnya, Tuan Nanny. “Ini karena penggantinya ini, kalau Mr. Nanny dulu ya, agak ramah,” ujarnya.

“Pengelola yang terbaru ini, dia agak sedikit kurang familiar dan dia merasa menguasai milik dia saya rasa. Dia melakukan hal ini tidak kepada saya, malahan Wakapolda pernah diusir. Kemudian beberapa pejabat tinggi disini juga pernah diusir,” tandas Darpius selaku tokoh setempat.

Pada judul video Onde Mandeh terkait pengusiran pengunjung lokal oleh Bule Pulau Cubadak itu Darpius juga mengatakan pihak pemerintah harus segera mengambil sikap dengan memberi informasi, sosialisasi, dan memanggil bule pengelola sebagai bentuk tak adanya pembiaran dalam permasalahan tersebut.

Darius pun mengatakan tidak ingin menyalahkan siapapun, namun bule pengelola diwilayah Pulau Cubadak itu diberikan informasi mengenai kearifan lokal serta kebiasaan masyarakat setempat. Berbagai hal penting lainnya juga disampaikan perlu dikoordinasikan lebih lanjut dan ditegaskan pengambilan sikap perlu dilakukan.

Adapun sebelumnya juga telah disampaikan alasan mengapa pihak pengelola melarangan pengunjung lokal terkait untuk melakukan pengambilan gambar baik berupa foto maupun video pada salah satu lokasi diwilayah Sumatera Barat itu dengan pemandangan indah itu, Pulau Cubadak. (Dwi Kristyowati – sisidunia.com)