Home » News » Berita Mancanegara: Dua Pejabat Pemerintah Beda Pendapat Mengenai Pemilihan Langsung Hong Kong

Berita Mancanegara: Dua Pejabat Pemerintah Beda Pendapat Mengenai Pemilihan Langsung Hong Kong



Hong Kong – Pemerintah Adminsitratif Hong Kong akan kembali melakukan pertemuan dengan perwakilan demonstran dalam usaha mengakhiri aksi turun ke jalan yang sudah berlangsung selama kurang lebih satu pekan ini. Wakil pemerintah dalam pertemuan ini, Carrie Lam berharap perbincangan dengan perwakilan demonstran akan bisa menenangkan suasana, karena adanya ketegangan dalam beberapa pekan terakhir

Berita Mancanegara: Dua Pejabat Pemerintah Beda Pendapat Mengenai Pemilihan Langsung Hong Kong

Dilansir dari laman Channel News Asia, Selasa (21/10/2014) Carrie Lam mengatakan “Ketika 5 juta pemilih yang berhak secara langsung memilih kepala eksekutif melalui satu orang-satu suara, tidak peduli cara Anda melihatnya, itu jauh lebih demokratis daripada memiliki pemimpin yang dipilih oleh 1.200 komite yang kuat,” papar Lam. Namun, sikap berbeda dikemukan oleh Leung Chun-ying menyatakan pemilihan langsung yang bebas di Hong Kong mungkin hanyalah sebuah keniscayaan.

Berbeda dengan Chun-yin, Lam menyetujui proses demokrasi aktif di Hong Kong yang ditandai dengan pemilihan umum yang bebas. Dirinya beragumen, setiap warga Hong Kong memilih hak untuk menentukan langsung pemimpin mereka sendiri. Aksi demonstrasi di Hong Kong, yang menuntut adanya demokrasi terbuka di wilayah tersebut, sempat membuat Hong Kong yang merupakan salah satu tujuan wisata di Asia, lumpuh selama beberapa waktu. Pertemuan antara perwakilan demonstran dan perwakilan pemerintah sendiri masih berlangsung sampai hari ini. (fauji nur – sisidunia.com)