Home » News » Profil Calon Menteri Jokowi: Direktur Bank Dunia Sri Mulyani Calon Kuat Sebagai Menko Ekuin ?

Profil Calon Menteri Jokowi: Direktur Bank Dunia Sri Mulyani Calon Kuat Sebagai Menko Ekuin ?



Jakarta – Sri Mulyani Indrawati wanita karier yang lahir di Bandar Lampung, Lampung pada 26 Agustus 1962. Ia menjadi orang pertama Indonesia yang menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia. Sri Mulyani mulai diangkat menjadi pejabat Bank Dunia sejak 1 Juni 2010, sebelumnya ia menjabat sebagai Menteri Keuangan Kabinet Indonesai Bersatu, sebelumnya menjabat sebagai Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas. Sri Mulyani pernah menjabat sebagai Kepala Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia sejak Juni 1998. Sri Mulyani bersekolah di SMP N 2 Bandar Lampung antara tahun 1975-1978, serta melanjutkan pendidikan selanjutnya pada SMA N 3 Semarang pada tahun 1978-1981. Pada tahun 1981 masuk ke Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia dan lulus menjadi Sarjana Ekonomi pada tahun 1986. Sri Mulyani melanjutkan studi S2 ke Amerika Serikat dengan Master of Science of Policy Economics di UNiversity of Illinois Urabana Champaign pada tahun 1990. Akhirnya melanjutkan ke Universitas yang sama untuk memperoleh gelar Ph.D of Economics. Sri Mulyani memiliki spesialis pendidikan yaitu Ekonomi Moneter dan Perbankan dan Ekonomi Tenaga Kerja.

Calon Menteri Jokowi: Direktur Bank Dunia Sri Mulyani Calon Kuat Sebagai Menko Ekuin ?

Pada saat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengumumkan perombakan kabinet 5 Desember 2005, Sri Mulyani menggantikan Jusut Anwar sebagai Menteri Keuangan. Pada tahun 2008, Sri Mulyani diangkat menjadi Pelaksana Tugas Menteri Koordinator Bidang Perokonomian (Menko Ekuin), setelah Dr.Boediono diangkat sebagai Gubernur Bank Indonesia sebelumnya menjabat sebagai Menko Ekuin.

Pada tahun 2006 Sri Mulyani dinobatakan sebagai Menteri Keuangan terbaik Asia oleh Emerging Markets pada 18 September 2006 di Sela Sidang Tahunan Bank Dunia dan IMF di Singapura. Pada 2007 terpilih sebagai wanita paling berpengaruh ke-2 di Indonesia versi majalah Globe Asia dan pada 2008 terpilih sebagai wanita paling berpengaruh ke-23 di dunia versi majalah Forbes. (fauji nur – sisidunia.com)